- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Situs Sejarah Candi Promasan Dan Sendang Pengilon.

  • Bagikan
??????? ???????? ???? ????? ???????? ???????? ???? ?????ℎ.

Indo1.id II Candi Promasan atau sendang pengilon berada di Dusun Candi promasan, Desa Ngresep balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Candi Promasan ini merupakan sebuah situs Pethirtaan yang terdiri dari tiga tingkatan dengan tiga pancuran yang berupa lingga dan yoni di tingkatan bawah.

Dari sisa-sisa bebatuan yang tinggal disini, maka disimpulkan Candi Promasan merupakan Candi yang berlatar belakang agama Hindu yang dibuktikan dengan adanya lingga dan yoni.

Baca Juga :  Pantai Klayar, Destinasi Pesisir yang Menakjubkan di Pacitan Jawa Timur

Selain itu juga ditemukan struktur berupa sejenis Ratna dan beberapa Arca kecil di sekitar Candi.

Masih banyak sejarah dan cerita yang belum terkuak dalam situs candi ini, karena yang tersisa hanya puing-puing seperti arca, jaladwara, ratna dan lingga. tidak ada lagi seperti bangunan candi, yang tampak hanya Ratna yang merupakan kemuncak Candi.

Baca Juga :  Mitos Tugu Jogja: Penanda Sejarah dan Persatuan

Candi Ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 yang merupakan peninggalan dari wangsa Syailendra, dan masih sama dengan Candi Gedongsongo dalam segi tahun pembuatan karakteristik dan fungsi dari perjalanan religi umat Hindu pada jaman dahulu.

Ada yang menceritakan bahwa dulu ada patung yang kini entah kemana, dan diduga nama promasan merupakan kabar dimana jaman dahulu ditemukan emas ditempat ini sehingga tempat ini dinamakan promasan, mengingat pertigaan menjadi protelon, perlimaan menjadi Proliman.

Baca Juga :  Mitos dan Sejarah Suku Baduy: Dari Batara Cikal Hingga Arca Domas

Diatas patirtan terdapat watu gajah yang jika diamati merupakan patung mandi atau lembu yang sudah rusak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan