- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos Tanaman Tlogosari, Menurut Primbon Jawa: Penarik Rejeki

  • Bagikan
????????? ??????? ????????? (????????? ????? ??????? ????????? ?????)

Indo1.id – Tanaman yang diyakini dapat membawa rezeki atau berfungsi sebagai penarik rezeki jika ditanam di sekitar rumah, berdasarkan Primbon Jawa.

Menurut ajaran Primbon Jawa, weton digunakan sebagai patokan atau penghitungan untuk melihat karakter, kepribadian, rezeki, jodoh, dan karier seseorang.

Dalam Primbon Jawa, juga terdapat keyakinan terkait benda-benda atau tanaman yang dapat mendatangkan rezeki.

Dikutip dari channel YouTube ESA Production mengungkapkan daftar tanaman yang diyakini dapat menjadi penarik rezeki atau membawa rezeki jika ditanam di sekitar rumah, menurut Primbon Jawa.

Tanaman Tlogosari

Dalam ajaran Primbon Jawa Kuno, tanaman Tlogosari diyakini membawa keberuntungan. Terdapat pelajaran yang dapat dipetik dari tanaman Tlogosari.
Tlogosari di sini mengacu pada telaga dalam hati kita.

Baca Juga :  Mitos Kota Padang 12 di Ketapang Kalimantan Barat, Kota Gaib yang Dihuni Bangsa Jin Muslim

Artinya, jika hati kita tenang dan jernih, rezeki akan mengalir dengan deras. Menurut masyarakat Jawa, menanam tanaman Tlogosari akan membawa banyak rezeki, sesuai dengan keyakinan Primbon Jawa Kuno.

Tanaman Pule

Menurut Primbon Jawa Kuno, tanaman Pule dapat membawa keberuntungan, dan bagi orang Jawa, Pule bisa diartikan sebagai “Mengembalikan”.

Secara ilmiah, tanaman ini memiliki kemampuan menyerap karbon dan membersihkan udara. Tanaman Pule juga memiliki kemampuan untuk pulih setelah kulitnya terbelah. Daunnya sangat bermanfaat, dan kulitnya dapat digunakan sebagai obat.

Baca Juga :  Mitos Kumis Harimau yang Tersembunyi: Memahami Fungsi di Balik Keajaiban Alam

Tanaman Jenar atau Kemuning

Dalam ajaran Primbon Jawa Kuno, tanaman Jenar dianggap membawa keberuntungan atau rezeki. Jenar memiliki arti “putih”. Di sini, dapat digambarkan bahwa masyarakat Jawa, ketika ingin memiliki banyak rezeki, perlu menanam tanaman Jenar.

Artinya, setiap malam kita harus memiliki kebaikan seperti tanaman Jenar. Dengan hati yang suci dan banyak bertaubat, atau memohon pengampunan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tanaman Pring Gading

Menurut Primbon Jawa Kuno, tanaman Pring Gading dapat membawa keberuntungan dan rezeki. Pring merupakan simbol bambu.

Bambu melambangkan tanaman yang tumbuh dalam kelompok, yang berarti jika kita ingin mendapatkan rezeki yang banyak, kita perlu bersosialisasi dan menjalin banyak hubungan baik.

Baca Juga :  Tanaman Dengan Bunga Cantik Ini Dinsinyalir Punya Kandungan Seperti Ganja! Cek Faktanya!

Tanaman Sri Rejeki

Menurut Primbon Jawa Kuno, tanaman Sri Rejeki dapat membawa keberuntungan. Tanaman Sri Rejeki memiliki energi positif yang luar biasa. Sri diartikan sebagai Ratu, dan rejeki melambangkan keberuntungan dan berkah.

Jadi ketika menanam Tanaman Sri Rejeki harapan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah rezeki kita akan melimpah seperti layaknya seoarang Ratu.

Tentunya tidak serta Merta, tanaman bisa mendatangkan rejeki begitu saja.

Tanaman hanya sebagai sarana saja, dan harus di imbangi dengan kerja keras dalam mencari nafkah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan