Tahu Puber Kedua? Perubahan Perilaku Paruh Baya yang Menyerupai Remaja, Ini Penjelasanya!

  • Bagikan
Foto Ilustrasi Puber Kedua. (Foto: Freepik)

Indo1.id – Perilaku Puber kedua, adalah istilah yang menggambarkan perubahan perilaku dan sifat pada pria dan wanita paruh baya yang kembali merasakan gejolak seperti masa remaja, telah menjadi sorotan dalam berbagai kajian psikologis.

Meskipun istilah ini tidak diakui secara medis, kaitannya dengan kondisi psikologis yang dikenal sebagai midlife crisis pada usia 40 hingga 50 tahun semakin menarik perhatian.

Midlife crisis umumnya dipicu oleh rasa takut menua, kesulitan menerima kenyataan bahwa masa produktif telah berlalu, atau bahkan keinginan untuk merasakan kembali masa muda.

Namun, jika dikelola dengan baik, midlife crisis bisa memberikan peluang untuk eksplorasi minat baru dan pembentukan hubungan sosial yang lebih bermakna.

Tidak dapat disangkal bahwa beberapa individu terjebak dalam perasaan ini.

Baca Juga :  Link Twibbon untuk Hari Raya Idul Fitri 2023

Penelitian dari Research Ideas and Outcomes (2021) menunjukkan bahwa midlife crisis berpotensi menyebabkan gangguan mental seperti stres, depresi, dan kecemasan karena ketidakpuasan terhadap kehidupan.

Dalam kasus yang lebih serius, fenomena ini dapat merusak kesejahteraan seseorang hingga meningkatkan risiko perilaku bunuh diri.

Berikut adalah empat ciri orang yang mungkin mengalami puber kedua:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan