- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Apa itu Noise Cancelation? Teknologi yang Membuat Suara Lebih Jernih.

  • Bagikan
Ilustrasi cara kerja Noise cancelation. (Foto: Frepik)

Indo1.id – Noise cancelation adalah teknologi yang dapat mengurangi atau meniadakan suara bising dari luar yang masuk ke telinga Anda melalui headphone atau earphone.

Teknologi ini dapat memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih jernih, nyaman, dan fokus, terutama saat Anda berada di lingkungan yang ramai atau berisik, seperti di jalan, di pesawat, atau di kereta.

Ada dua jenis noise cancelation, yaitu passive noise cancelation dan active noise cancelation.

Passive noise cancelation mengandalkan desain fisik dari headphone atau earphone untuk mengisolasi telinga Anda dari suara luar.

Biasanya, headphone atau earphone ini memiliki ear cup atau ear tip yang besar, tebal, dan rapat, yang dapat menutup telinga Anda dengan sempurna.

Passive noise cancelation dapat mengurangi suara bising sekitar 15 dB hingga 30 dB, terutama suara frekuensi menengah hingga tinggi, seperti suara manusia, musik, atau angin.

Baca Juga :  Wujudkan Smart City di IKN, PLN Siapkan Jaringan Listrik Terintegrasi Layanan Teknologi Digital

Active noise cancelation mengandalkan komponen elektronik tambahan untuk secara aktif menghasilkan suara yang berlawanan dengan suara bising dari luar.

Headphone atau earphone ini memiliki mikrofon yang dapat mendeteksi suara luar dan mengirimkannya ke sirkuit noise cancelation.

Sirkuit ini kemudian akan menghasilkan suara dengan frekuensi dan amplitudo yang sama, tetapi dengan fase yang terbalik 180 derajat.

Baca Juga :  Para Astronom Mendengar Paduan Suara Gelombang Gravitasi untuk Pertama Kalinya

Suara ini kemudian akan dikeluarkan melalui speaker di dalam headphone atau earphone, sehingga akan meniadakan suara bising dari luar.

Active noise cancelation dapat mengurangi suara bising sekitar 30 dB, terutama suara frekuensi rendah hingga menengah, seperti suara mesin, knalpot, atau jet.

  • Bagikan