- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Bintang Barbenheimer, Misteri Bintang Raksasa dari Alam Semesta Awal

  • Bagikan
Gambaran penampakan bintang Barbenheimer. (Foto: Nasa)

Ledakan ini melepaskan energi yang luar biasa dan menciptakan unsur-unsur baru melalui proses yang disebut nukleosintesis.

Namun, tidak semua supernova sama. Ada beberapa jenis supernova yang berbeda, tergantung pada massa, komposisi, dan evolusi bintang yang meledak.

Para peneliti menduga bahwa bintang Barbenheimer adalah salah satu bintang pertama yang terbentuk di alam semesta, yang disebut bintang populasi III.

Baca Juga :  Mitos Misteri Bulu Perindu: Keajaiban di Antara Ruas Bambu

Bintang-bintang ini diyakini terdiri dari hidrogen dan helium murni, tanpa unsur-unsur berat yang ada di bintang-bintang modern.

Bintang-bintang ini juga diyakini sangat masif dan sangat panas, sehingga mereka hidup singkat dan meledak dengan dahsyat.

Namun, para peneliti tidak yakin bagaimana bintang Barbenheimer bisa menciptakan unsur-unsur berat yang ditemukan di J0931+0038.

Baca Juga :  Misteri dan Keindahan Air Terjun Kedung Kayang di Magelang

“Kami tidak tahu bagaimana bintang Barbenheimer bisa menghasilkan unsur-unsur seperti stronsium dan paladium,” kata Ji. “Ini mungkin membutuhkan jenis supernova yang sangat langka dan belum pernah kita lihat sebelumnya.”

Nama Barbenheimer sendiri adalah referensi untuk dua film yang bertolak belakang, “Barbie” dan “Oppenheimer”, yang dirilis pada hari yang sama tahun lalu.

  • Bagikan