Mitos Pedang Rasulullah SAW, Ada yang Bisa Bunuh Dajjal?

  • Bagikan
Ilustrasi salah satu pedang Rasulullah yang terkenal, Zulfikar. (Foto: Freepik)

Indo1.id – Pedang Rasulullah SAW adalah salah satu simbol keberanian dan kekuatan yang beliau gunakan dalam pertempuran.

Pedang-pedang ini juga mengukir sejarah kemenangan Islam dalam berbagai perang. Menurut ahli sejarah, ada sembilan pedang yang pernah digunakan oleh Rasulullah SAW, yaitu Al-Matsur, Dzulfikar, Al-Battar, Hatf, Qul’i, Al-Qadib, Al-Mikhdam, Al-Adhab, dan Ar-Rasub.

Masing-masing pedang memiliki sejarah dan keistimewaan tersendiri. Misalnya, Al-Matsur adalah pedang yang dimiliki oleh Rasulullah SAW sebelum beliau menerima wahyu pertama di Mekah.

Pedang ini merupakan peninggalan dari ayah beliau, Abdullah bin Abdul Muthalib, yang terdapat tulisan Arab di pegangannya. Pedang ini menemani Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah, dan kini disimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

Baca Juga :  Mitos dan Manfaat Kayu Mahoni, Kayu Terbaik di Indonesia

Dzulfikar adalah pedang yang didapatkan Rasulullah SAW sebagai harta rampasan saat Perang Badar. Pedang ini berbentuk blade dua mata yang tajam, dan diberikan oleh Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib.

Pedang ini menjadi saksi keberanian dan kesetiaan Ali bin Abi Thalib dalam membela Islam. Salah satu mitos yang berkembang adalah bahwa pedang ini kelak akan digunakan oleh Nabi Isa AS untuk membunuh Dajjal pada hari kiamat.

  • Bagikan