- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Puting Beliung Terjang Ngawi, Puluhan Bangunan Porak Poranda

  • Bagikan
Ilustrasi Angin Puting Beliung

Indo1 Ngawi JatimHujan deras dan angin puting beliung menerjang Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Minggu 24 Nopember 2019, angin kencang itupun merusak sejumlah bangunan dan merobohkan pohon-pohon di disekitarnya.

Dari Data BPBD Kabupaten Ngawi mencatat, sejumlah bangunan yang rusak akibat diterjang puting beliung diantaranya atap gedung Mapolres Ngawi dan kantor Setdakab Ngawi. Beberapa kendaraan yang terparkir mengalami kerusakan tertimpa pohon yang tumbang di kawasan tersebut.

Angin puting beliung itu juga merobohkan menara Radio Bahana FM Ngawi yang akhirnya menimpa dua rumah warga disekitar Jalan Trunojoyo.

Baca Juga :  Aryo Kempes Ceritakan Terciptanya Lagu 'Entok Nangis'

Selain itu, angin yang berputar kencang itu juga memporak-porandakan lapak pedagang kaki lima (PKL) dan menumbangkan pohon di kawasan Alun-Alun Merdeka Ngawi. Seorang warga pemilik warung PKL terluka akibat tertimpa pohon tumbang.

“Petugas BPBD dibantu tim reaksi cepat masih melakukan pendataan kerusakan. Ada seorang warga yang terluka,” terang Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono kepada wartawan, Senin (25/11), seperti dilansir Antara.

Baca Juga :  Ketersediaan BBM dan LPG di Jawa Timur Selama Musim Mudik Lebaran 2023, Dijamin Oleh Pertamina.

Diketahui, korban luka adalah Sunarno (60) warga Desa Seloputo, Kecamatan Pitu, Ngawi. Sunarno mengalami luka patah tulang di bagian paha dan tangan akibat tertimpa pohon tumbang yang menimpa warungnya.

Oleh petugas dan warga, korban langsung dievakuasi ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Widodo Ngawi guna mendapatkan perawatan intensif.

Alfian Wihaji menjelaskan proses evakuasi dan pembersihan batang pohon tumbang yang melintang di sejumlah jalan protokol sebagian telah dilakukan hingga Minggu malam.

Baca Juga :  Ngeri, Pertengkaran Suami Istri di Gerobokan Berujung Maut!

Namun, evakuasi dan pembersihan secara menyeluruh baru akan dilakukan pada Senin ini karena kondisi hari yang telah gelap dan hujan deras yang mengguyur wilayah Ngawi hingga Minggu malam.

Pihaknya mengimbau agar warga tetap waspada, hujan deras disertai angin kencang yang rawan terjadi saat awal musim hujan di Kabupaten Ngawi. Sampai sekarang, tim reaksi cepat dari BPBD setempat masih melakukan pendataan dan pemantauan di daerah yang terkena dampak.(eh/I1**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan