TB Rita 103 Tenggelam, TIM SAR Lanal Ketapang Gerak Cepat Oprasi Pencarian

  • Bagikan
TB Rita 103 Tenggelam, TIM SAR Lanal Ketapang Gerak Cepat Oprasi Pencarian

Keesokan harinya Kamis, (21/7/2022) pukul 07.00 WIB Tim SAR Lanal Ketapang dan Tim Basarnas Ketapang kembali melaksanakan pencarian dan pertolongan dan ditemukan 6 orang yang telah dievakuasi oleh MV. Captain Veniamis 117 dengan kondisi sehat dan selamat dan malam harinya juga berhasil mengevakuasi 2 orang korban lagi dengan kondisi selamat.

Menurut penuturan dari salah satu ABK yang selamat, TB. Rita 103 itu tenggelam ketika akan membawa Loding Master yang akan diantar menuju MV. Captain Veniamis 117 di loading point 3 perairan Kendawangan. Pada saat akan shifting di MV. Captain Veniamis 117, TB. Rita 103 mengalami kerusakan pada bagian mesin. Selanjutnya Nahkoda TB Rita 103 meminta agar TB Rita 103 digandeng. Sambil berjalan TB. Rita 103 melaksanakan proses shifting. Karena kondisi mesin belum juga dapat diperbaiki dan posisi kapal miring Nahkoda Tugboat . Rita 103 meminta agar MV. Captain Veniamis 117 untuk mengurangi kecepatan. MV Captain Veniamis 117 langsung mengurangi kecepatan dan stop engine namun posisi TB Rita 103 semakin miring dan tali tambat putus.

Pada saat mengetahui kondisi kapal yang telah miring semua ABK dan Penumpang bersiap untuk menyelamatkan diri dan dalam hitungan detik TB. Rita 103 terbalik dan tenggelam. ABK dan penumpang seluruhnya lompat ke laut untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan alat keselamatan seadanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan