- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Populi Center: Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo!

  • Bagikan
Hasil Survei Populi Center: Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo!

Indo1.id || Berita – Pemilu 2024 tinggal satu tahun lagi. Sudah ada Partai yang meresmikan Calon Presidennya, ada yang masih menimbang-nimbang siapa bakal calonnya.

Sementara itu,  Lembaga survei Populi Center  merilis hasil survei terbaru terkait  calon Presiden RI 2024. Ganjar Pranowo adalah tokoh  dengan elektabilitas tertinggi mengalahkan tokoh-tokoh lainnya.

Gubernur Jawa Tengah itu menjadi tokoh paling populer dengan angka 19,8 %, mengungguli Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Anies Baswedan.

Baca Juga :  Mencuat Usulan Duet Prabowo dengan Ganjar, Apakah Benar dan Jadi Kenyataan?

Survei digelar pada periode 25 Januari hingga 3 Februari 2023 di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling. Survei melibatkan 1.200 responden yang datanya diambil melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Dengan margin of error +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

“Dalam survei terlihat Ganjar Pranowo itu mengalami peningkatan angka yang cukup signifikan yang sebelumnya dalam Oktober 2022 sebesar 15,8 persen itu menjadi 19,8 persen,” jelas Rafif Pamenang, Peneliti Populi Center, dalam pemaparannya, Selasa 14 Februari 2023.

Baca Juga :  Amien Rais Komentari Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia 'Berdampak Buruk ke Elektabilitas Ganjar'.

Rafif menerangkan peningkatan elektabilitas juga didapatkan Prabowo Subianto (17,1 persen). Ia menuturkan Prabowo menyalip Anies Baswedan yang elektabilitasnya menurun setelah tak menjabat Gubernur DKI.

“Anies sudah tidak lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta, elektabilitas Anies ini menurun yang sebelumnya Oktober 17,3 persen, pada Februari menjadi 10,8 persen,” sambung Rafif.

Selain itu, jelas Rafif, dalam survei tersebut ternyata masih ada responden  memilih Presiden Joko Widodo dengan elektabilitas 10,1 persen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan