- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Simak Manfaat Buah Berry Bagi Kesehatan, Yang Kebanyakan Dari Kita Tidak Tahu!

  • Bagikan
Segenggam buah Berry Gunung Lawu yang manfaat kesehatan. ( dok.pribadi)

Indo1. Id – Buah Berry ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Biasanya,  buah berry hanya digunakan sebagai perasa atau bahan untuk membuat kue dan makanan.

Salah satu jenis buah berry yang banyak digemari adalah blueberry. Blueberry adalah makanan super kaya nutrisi yang terkenal karena beragam manfaat kesehatannya, mulai dari sifat melawan kanker hingga menjaga kadar insulin pada pasien diabetes.

Dikutip dari Medical Daily, bahwa penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam buah blueberry dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan kardiovaskular.

Para peneliti meyakini efek menguntungkan blueberry adalah karena pigmen birunya yang disebut anthocyanin, termasuk dalam kelas polifenol yang ditemukan efektif dalam meningkatkan aliran darah kardiovaskular dan otak.

Pigmen ini ditemukan dalam stroberi, raspberry, anggur merah, dan sayuran ungu. Makanan lain yang mengandung antosianin adalah brokoli, pir, dan rempah-rempah seperti kunyit.

Baca Juga :  Benarkah Minum Kopi 3 Gelas Sehari Bisa Bikin Migrain? Cek Faktanya!

“Ada beberapa bukti manfaat kesehatan dari makanan kaya anthocyanin lainnya, dan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa buah dan sayuran yang lain itu tidak akan bekerja sebaik blueberry, selama jumlah anthocyanin yang disediakan dengan makanan tersebut cukup, dan bahwa anthocyanin dapat diakses secara hayati dan tersedia secara hayati,” terang Dr. Ana Rodriguez-Mateos, penulis utama studi tersebut.

Baca Juga :  Mencegah Penyakit Tipes untuk Menjaga Kesehatan dan Fokus dalam Pendidikan

Manfaat kesehatan lainnya dari buah blueberry adalah menjaga kesehatan struktur tulang, kekuatan dan elastisitas sendi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan