Inilah Ciri-Ciri HP Mu Sudah Kena Malware dan Cara Mengatasinya!

  • Bagikan
Ilustrasi ponsel yang terkena malware. (Foto: McAfee)

Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas pada HP Android Anda, maka kemungkinan besar HP Android Anda sudah terkena malware. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

– Pastikan Google Play Protect aktif. Google Play Protect adalah fitur keamanan bawaan dari Google Play Store yang bisa memindai dan menghapus aplikasi berbahaya dari HP Android Anda.

Untuk mengaktifkannya, buka Google Play Store > ikon profil > Play Protect > Settings > aktifkan Scan apps with Play Protect.

– Cek pembaruan sistem dan keamanan. Pembaruan sistem dan keamanan bisa membantu HP Android Anda tetap aman dari ancaman malware terbaru. Untuk memeriksanya, buka Settings > System > System update > ikuti langkah yang ada di layar.

Baca Juga :  TV Weyon 24 Inch, Udah Murah Berkualitas Lagi!

Untuk pembaruan keamanan, buka Settings > Security > cek untuk update. Untuk pembaruan Google Play system, ketuk Google Play system update > ikuti langkah yang ada di layar.

Hapus aplikasi yang tidak dipercaya. Uninstall aplikasi yang tidak penting, tidak terpercaya, atau bersumber dari luar Google Play Store.

Ini bisa dicek di Settings > Apps & notifications > See all apps > klik aplikasi yang ingin diuninstall > Uninstall.

Baca Juga :  Apa Sih Yang Harus Dilihat Saat Beli TWS? Simak Supaya Tidak Rugi Dan Kecewa!

– Lakukan checkup keamanan.
Buka browser web seperti Chrome di HP Android Anda. Masuk ke myaccount.google.com/security-checkup. Untuk memperbaiki masalah keamanan di akun Anda, ikuti langkah yang ada.

– Gunakan antivirus. Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya untuk memindai dan membersihkan HP Android Anda dari malware.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan