- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Banjir Lahar Dingin Semeru Hatam Lumajang,  Jembatan Putus dan Tiga Orang Tewas!

  • Bagikan
Jembatan Kali Regoyo dihantam lahar dingin. (Foto: Tangkapan Layar twitter @partaisocmed)

Banjir lahar dingin juga terjadi di sejumlah sungai yang berhulu di Gunung Semeru, seperti Sungai Glidik, Sungai Sumberwuluh, Sungai Sumberurip, dan Sungai Pronojiwo.

Debit air sungai-sungai tersebut meningkat drastis dan membawa material vulkanik dari puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Tidak hanya banjir lahar dingin, tanah longsor juga terjadi di sejumlah titik di Lumajang. Data BPBD Lumajang menyebut, longsor terparah terjadi di jalur Piket Nol, tepatnya di KM 58 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Baca Juga :  Berduka: 11 Pendaki Tewas, 12 Hilang Pasca Letusan Gunung Marapi!

Material longsor menutup akses penghubung Kabupaten Lumajang dengan Malang. Pihak BPBD Lumajang meminta kendaraan roda empat dan dua untuk tidak melintas dulu.

“Longsor terjadi di sekitaran Jembatan Perak, tepatnya KM 58. Roda dua dan empat belum bisa melewati,” kata Tim Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Nur Cahyo.

Dia mengungkapkan, saat ini petugas dibantu Dishub, Satpol PP, TNI-Polri dan sejumlah relawan sedang menangi longsor di kawasan tersebut.

Baca Juga :  Gempa Bumi Magnitudo 5 Goyang Wilayah Banten

“Sampai saat ini masih longsor, kondisi tanah masih labil, ini kami masih menunggu kondisi yang memungkinkan,” katanya.

Longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo. Tiga orang yang masih satu keluarga dilaporkan meninggal dunia akibat tertimbun material longsor.

Korban adalah Suwito (45), Sri Wahyuni (40), dan Rizki (12).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan