- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Benarkah Upacara HUT RI ke-78 Akan Dilangsungkan di IKN? Begini Penjelasannya!

  • Bagikan
Upacara HUT Republik Indonesia di Istana Merdeka. (Foto: twitter @jokowi)

Indo1.id  – Tanggal 17 Agustus 2023 menjadi hari yang spesial bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu, Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaannya.

Namun, apakah upacara peringatan kemerdekaan akan dilangsungkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang merupakan proyek strategis nasional yang sedang dibangun di Kalimantan Timur?

Menurut Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, upacara peringatan HUT RI ke-78 memang akan digelar di IKN, selain di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini ia sampaikan usai pelaksanaan gladi kotor persiapan upacara peringatan HUT RI ke-78 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga :  Menteri BUMN Apresiasi Gerak Cepat PLN Hadirkan Energi Bersih di IKN

“Nanti ada semacam video conference dengan di IKN, karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus, diadakan juga di IKN pada hari yang sama,” kata Bey di Kompleks Istana Kepresidenan, Minggu.

Bey mengatakan, nantinya juga akan ditampilkan interaksi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pelaksana upacara kemerdekaan di IKN.

Upacara peringatan kemerdekaan di IKN akan dipimpin oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

“Direncanakan seperti itu (ada interaksi antara Istana Kepresidenan di Jakarta dengan di IKN). Kami cek juga nanti jaringan dan sebagainya, apakah memungkinkan atau tidak,” ujar Bey.

Baca Juga :  Kampanye Ganjar ke IKN, Janji Lanjutkan Proyek dan Perhatikan Aspirasi Warga

Lebih lanjut, Bey mengungkapkan bahwa beragam ornamen khas IKN sengaja ditampilkan di Istana Kepresidenan Jakarta untuk memeriahkan HUT RI ke-78.

“Iya, memang temanya kan tema IKN, jadi semuanya kan bisa dilihat, dari mulai di depan nih tempat foto kan udah IKN, termasuk di sini juga,” ungkap Bey.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa Presiden Jokowi berencana untuk menggelar upacara kemerdekaan tahun depan di IKN.

Hal ini ia sampaikan dalam acara deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres 2024-2029 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

“Kami mendapat informasi dari Pak Jokowi bahwa tahun depan beliau akan menggelar upacara kemerdekaan di IKN. Ini menunjukkan bahwa beliau sangat serius dalam membangun IKN sebagai ibu kota baru Indonesia,” kata Muzani.

Baca Juga :  Kasus Kopi Sianida Heboh Lagi, Begini Tanggapan Hotman Paris 'Bukti Kurang Kuat'

Muzani menambahkan bahwa Partai Gerindra mendukung penuh rencana pembangunan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia.

Ia mengatakan bahwa hal ini merupakan langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia bagian timur.

“Kami mendukung penuh rencana pembangunan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia. Kami yakin bahwa hal ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara,” ucap Muzani.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan