- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos dan Sejarah Suku Baduy: Dari Batara Cikal Hingga Arca Domas

  • Bagikan
Penampakan SUku Baduy banten yang khas menjaga budaya dan tradisi asli sukunya. (Foto: Guru Pendidikan)

Menurut keyakinan suku Baduy, asal mula terjadinya bumi terletak di wilayah Baduy, karena itu warga Baduy sangat meyakini wilayahnya sebagai pancer bumi atau inti jagat.

Mitos-mitos suku Baduy juga mencerminkan tradisi dan budaya mereka. Misalnya, ada mitos yang berlaku bagi laki-laki suku Baduy agar tidak menyentuh alat menenun yang terbuat dari kayu.

Menurut mitos itu, bila pihak laki-laki tersentuh alat menenun tersebut maka laki-laki tersebut akan berubah perilakunya menyerupai tingkah laku perempuan. Tradisi menenun ini menghasilkan kain tenun yang digunakan dalam pakaian adat suku Baduy.

Ada pula mitos tentang Nyi Pohaci, ratu Sunda dari Baduy, yang diyakini sebagai dewi perempuan cantik yang memberikan sumber kehidupan bagi masyarakat adat Baduy.

Baca Juga :  Mitos Bukit Setan di Waduk Bening Widas: Kisah Korban Misterius

Nyi Pohaci merupakan keturunan dari Dewi Ular Anta, yang dibunuh oleh para dewi lain karena kecantikannya mengganggu kayangan. Jasad Nyi Pohaci jatuh ke bumi dan berubah menjadi berbagai tanaman yang bermanfaat bagi manusia, seperti padi, kelapa, rempah-rempah, buah-buahan, dan lain-lain.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan