Bukan cuma itu, kehadiran teknologi ini dalam sebuah bisnis juga dapat mengurangi human error sekaligus mempercepat proses produksi.
Dengan begitu, performa pelayanan bisnis Anda akan semakin meningkat.
3. Memudahkan Pencarian Keyword
Manfaat yang satu ini bisa Anda rasakan ketika sedang mencari potential customers.
Biasanya, data tentang potential customers ini diperlukan untuk mencari tahu apa yang konsumen inginkan dan subjek produk bisnis yang paling mereka minati.
Hal ini tentunya tidak terlepas dari manfaat Artificial Intelligence yang dapat memudahkan Anda saat mencari keyword untuk mendapat data potential customers melalui ChatGPT.
Jadi, nantinya proses pengambilan keputusan bisa berlangsung lebih cepat dan bisnismu bisa lebih dekat dengan konsumen.
4. Lebih Mengenal Konsumen
Selanjutnya, teknologi Artificial Intelligence juga dapat membuat pelaku bisnis lebih mengenal konsumen mereka. Makanya, tidak heran jika kini sudah banyak perusahaan AI Indonesia yang menggunakan teknologi ini.
Pada dasarnya, setiap pelaku bisnis tentu membutuhkan konsumen untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis mereka.
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar konsumen terus membeli produk bisnis adalah melalui penggunaan teknologi Artificial Intelligence ini.
Alasannya karena teknologi ini bisa mengenal perilaku selera hingga gaya hidup konsumen.
Kemudian, data tersebut akan dianalisis untuk menciptakan pola dan juga tren yang saat itu sedang diminati konsumen.
Artinya, AI dapat memberikan pilihan sesuai rekomendasi keinginan konsumen. Teknologi yang sudah terotomatisasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis Anda.
Khususnya perihal pengumpulan data kebutuhan konsumen untuk menciptakan produk dan/atau layanan bisnis yang sesuai.
5. Membantu Proses Pembuatan Konten
Jika bisnis Anda bergerak di bidang digital dan kerap membuat konten di berbagai platform media sosial, maka menggunakan teknologi Artificial Intelligence adalah pilihan yang tepat, namun beresiko terkena penalty dari Google.
Contohnya seperti berbagai software berteknologi Auto Generated Content yang dapat membantu mengeksekusi ide-ide kreatif sesuai perintah Anda.
Jadi, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membuat konten marketing bisnis. Selain ChatGPT, ada juga Digital Intelligence Assistant atau DIA, yakni asisten penulisan email berbasis AI.
Perusahaan yang menggunakan fitur tersebut pada dashboard email akan terbantu dalam penulisan subjek, preheader, hingga body email. Sedangkan Anda cukup memasukkan perintah dan menyunting hasil yang DIA berikan.
6. Meningkatkan Pengalaman Konsumen
Manfaat teknologi Artificial Intelligence yang terakhir adalah dapat meningkatkan pengalaman konsumen.
Hal ini tidak terlepas dari peran AI yang dapat menjadi asisten virtual untuk bantu menanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan cepat.
Jadi, situasi ini bisa teratasi dengan lebih efisien.
Misalnya, penggunaan chatbot yang menggabungkan dua teknologi sekaligus, yakni teknologi AI percakapan dan teknologi Natural Language Processing atau NLP.
Gabungan kedua teknologi ini akan menghasilkan pesan yang dipersonalisasi, sehingga dapat membantu pelanggan untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahan mereka.
Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga dapat mengurangi beban kerja tim customer service.
Dengan begitu, produktivitas mereka bisa meningkat dan dapat mengerjakan tugas lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi AI.








