Mitos Gunung Telomoyo: Antara Makam Misterius, Macan Kumbang, dan Hantu Pencekik

  • Bagikan
Suasana di puncak Telomoyo. (Foto: infoindonesia)

Indo1.id – Gunung Telomoyo adalah salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Magelang.

Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Meskipun tidak begitu menantang dari segi teknis pendakian, gunung Telomoyo menyimpan banyak pesona alam dan budaya yang menarik untuk diketahui.

Baca Juga :  Mitos Ramalan Joyoboyo tentang Satrio Piningit: Siapa dan Kapan Munculnya?

Salah satunya adalah mitos-mitos yang berkembang di sekitar gunung ini, yang sebagian besar masih dipercaya oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Makam Misterius di Lembah Kamutih

Salah satu mitos yang paling terkenal dari gunung Telomoyo adalah keberadaan makam misterius di lembah Kamutih, sebuah punggungan tipis yang menghubungkan dua puncak gunung Telomoyo, yaitu Puncak Pemancar dan Puncak Telomoyo.

Baca Juga :  Mitos Kepercayaan Tuah, Bunga Kenanga Untuk Mendapatkan Jodoh

Di lembah ini, terdapat beberapa makam yang dikelilingi oleh hutan belantara yang lebat dan jarang dijamah oleh manusia.

Konon, makam-makam ini adalah milik para leluhur yang memiliki ilmu tinggi dan keramat, sehingga memiliki aura yang sangat magis dan menakutkan.

  • Bagikan