Mitos Gunung Telomoyo: Antara Makam Misterius, Macan Kumbang, dan Hantu Pencekik

  • Bagikan
Suasana di puncak Telomoyo. (Foto: infoindonesia)

Macan kumbang adalah sebutan untuk harimau hitam yang konon hidup di sekitar puncak gunung Telomoyo.

Beberapa orang yang pernah mendaki gunung ini mengaku pernah melihat sosok macan kumbang yang berlari-lari di antara pepohonan.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa macan kumbang sebenarnya adalah jelmaan dari para leluhur yang menjaga gunung Telomoyo, yang bisa berubah bentuk menjadi harimau hitam jika merasa terganggu oleh manusia.

Baca Juga :  Mitos dan Manfaat Bambu Kuning,  Dipercaya Membawa Keberuntungan dan Perlindungan!

Gunung Telomoyo adalah Gunung Aktif

Meskipun tidak memiliki kawah yang eksis, gunung Telomoyo ternyata adalah gunung berapi aktif, seperti halnya gunung Merapi, gunung Sumbing, dan gunung Semeru.

Namun, berbeda dari gunung berapi yang lainnya, gunung Telomoyo meletus adalah kejadian yang tidak pernah terjadi sepanjang sejarah.

Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, kapan gunung Telomoyo akan meletus dan apa dampaknya bagi lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Mitos Kejatuhan Cicak, Apa Artinya dan Apa Faktanya?

Ada yang mengatakan bahwa gunung Telomoyo tidak akan pernah meletus, karena ada kekuatan gaib yang menjaga gunung ini agar tetap tenang.

Ada juga yang mengatakan bahwa gunung Telomoyo akan meletus jika ada sesuatu yang mengganggu keseimbangan alam di sekitarnya, seperti pembangunan yang berlebihan, pencemaran lingkungan, atau perbuatan dosa manusia.

  • Bagikan