- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Sekilas Sejarah Seni Beladiri Pencak Silat

  • Bagikan

Sejarah Seni Beladiri Pencak Silat.

Indo1.id – Di sisi lain, ada juga yang mengatakan bahwa pencak silat mulai tersebar karena adanya hubungan dagang dengan Negara-negara Asia lainnya. Terlebih lagi, di antara Negara-negara tersebut terdapat Negara-negara yang memiliki kebudayaan seni bela diri seperti Tiongkok dan India. Seiring dengan adanya hubungan dagang tersebut, maka kemungkinan besar mereka juga membawa kebudayaan seni bela diri yang kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

Sejarah pencak silat di Indonesia juga memiliki kaitan erat dengan perjuangan kemerdekaan Negara Indonesia. Pada saat itu, para pejuang Indonesia menggunakan seni bela diri ini sebagai alat untuk mempertahankan diri dan juga melawan penjajah. Oleh karena itu, pencak silat juga menjadi bagian penting dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Saat ini, pencak silat menjadi salah satu olahraga nasional di Indonesia dan telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai olahraga resmi yang dapat dipertandingkan di ajang Olimpiade. Selain itu, pencak silat juga menjadi salah satu daya tarik wisata bagi turis asing yang datang ke Indonesia.

Baca Juga :  Klasemen MotoGP 2019: Vinales, Rins, dan Petrucci Bersaing Ketat Rebut Posisi 3

Dalam pengembangan pencak silat di Indonesia, IPSI merupakan organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan memajukan olahraga ini. IPSI telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan pencak silat di dalam dan luar negeri. Di samping itu, IPSI juga mengadakan berbagai kejuaraan dan kompetisi tingkat nasional dan internasional guna mengasah kemampuan para pesilat Indonesia.

Baca Juga :  Bermain Laga Pertama, Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Tak Anggap Remeh Kamboja

Secara keseluruhan, sejarah pencak silat di Indonesia memang masih terus menjadi topik yang menarik untuk dibahas dan dikaji. Namun, sudah pasti bahwa pencak silat merupakan warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan perlu dilestarikan. Oleh karena itu, setiap orang di Indonesia harus bangga dengan keberadaan dan kekayaan seni bela diri ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan