Mitos-Mitos Mistis di Tanah Sunda, Jawa Barat ‘ Nyi Roro Kidul sampai Jenglot ‘

  • Bagikan
Ilustrasi pantai laut selatan Jawa Barat ( Foto: Pixabay)

4. Wewe Gombel:
Wewe Gombel adalah makhluk mitos yang dipercayai menjaga anak-anak yang ditinggalkan oleh orangtuanya. Diyakini memiliki penampilan wanita yang tinggi dan ramping dengan rambut panjang, Wewe Gombel sering dikaitkan dengan perlindungan terhadap anak-anak yang tidak memiliki pengasuh.

5. Kuntilanak:
Kuntilanak adalah hantu wanita dalam mitologi Jawa Barat yang diyakini muncul di malam hari dan sering terkait dengan pohon beringin. Hantu ini terkenal karena jeritan menyeramkan dan kemampuannya untuk berubah menjadi burung hantu.

6. Jenglot:
Jenglot adalah makhluk kecil berbentuk manusia yang sering kali dihubungkan dengan ilmu hitam. Dipercayai sebagai benda pusaka yang memiliki kekuatan mistis, Jenglot sering kali dijadikan sebagai benda bertuah atau pusaka oleh beberapa orang yang mempercayainya.

7. Genderuwo:
Genderuwo adalah makhluk halus yang diyakini memiliki kekuatan magis dan tinggal di tempat-tempat terpencil. Meskipun sering dianggap menakutkan, Genderuwo juga dikatakan bisa menjadi penjaga bagi mereka yang hidup dengan baik.

  • Bagikan