- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Kampung Bena: Jendela Menuju Warisan Budaya Nusa Tenggara!

  • Bagikan
Keindahan kampung Bena, Nusa Tenggara Timur, destinasi wisata budaya yang luar biasa. (Foto: instagram @ jelajahnusa.id)

Indo1.id – Kampung Bena, yang terletak di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman budaya yang kaya dan autentik.

Dikenal sebagai perkampungan megalitikum, Kampung Bena telah berdiri sejak 1.200 tahun yang lalu, menjadi saksi bisu peradaban masa lalu yang masih terjaga hingga saat ini.

Arsitektur Tradisional dan Megalitikum

Kampung Bena memiliki 45 rumah adat dengan arsitektur yang unik dan indah. Di tengah perkampungan, batu megalitikum masih kokoh berdiri, memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat masa lalu yang kental dengan nilai-nilai tradisional.

Keunikan Budaya dan Sembilan Suku

Kampung ini dihuni oleh masyarakat dari sembilan suku yang berbeda, masing-masing dengan adat dan budaya yang khas.

Baca Juga :  Wisata Bukit Holbung, Padang Sabana Hijau di Samosir yang Menawan

Suku Bena, sebagai salah satu suku tertua, menempati undakan yang ada di bagian tengah, menunjukkan hierarki sosial dalam masyarakat.

Pemandangan Alam yang Memukau

Berada di kaki Gunung Inerie, Kampung Bena tidak hanya menawarkan keunikan bentuk perkampungan dan tradisinya, tetapi juga pemandangan gunung yang mempesona dan memanjakan mata.

Keindahan alam ini menambah daya tarik Kampung Bena sebagai destinasi wisata.

Baca Juga :  Yuk Nikmati Wisata Air Terjun Piala, Luwuk Banggai di Akhir Pekan!

Pelestarian Budaya Nenek Moyang

  • Bagikan