- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles ‘Raja Inggris’ dan William Jadi Pangeran Wales

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles 'Raja Inggris' dan William Jadi Pangeran Wales ( Foto: The Guardian

indo1.id – Kerajaan Inggris kini sedang berduka. Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia dengan tenang pada usia 96 tahun.

Pangeran Charles yang sebagai pewaris tahta kerajaan berdasarkan garis suksesi pun akan melanjutkan gelar sebagai Raja Inggris.

Diketahui, Ratu Elizabeth II telah menjadi penguasa Inggris Raya paling lama dalam sejarah. Bahkan, usia kekuasaannya melampaui pemerintahan sang nenek buyutnya yakni Ratu Victoria.

Baca Juga :  Mengejutkan, Jisoo BLACKPINK Batal Ikut Tour Di Osaka Jepang Gegara Positif Covid-19!

Seperti dikutip Washington Examiner, Jumat 9 september 2022, dasar garis suksesi ditetapkan oleh hukum Inggris setelah dikodifikasikan dalam Bill of Rights pada Tahun 1689 dan Act of Settlement pada tahun 1701.

Maka, Jika Ratu Elizabeth II meninggal dunia, putranya Pangeran Charles yang merupakan pewaris langsung dan memiliki garis suksesi, akan naik menjadi raja.

Setelah itu, Pangeran William yang dikenal sebagai Duke of Cambridge, berada di urutan ketiga, diikuti oleh Pangeran George dari Cambridge.

Baca Juga :  WHO Soroti Perbaikan Penanganan Corona di RI, Puan Apresiasi Pemerintah

Kemudian Putri Charlotte dari Cambridge diikuti oleh Pangeran Louis dari Cambridge. Keenam dalam garis suksesi adalah Pangeran Harry, Duke of Sussex, diikuti oleh Archie Mountbatten-Windsor dan Lilibet Mountbatten-Windsor. Setelah itu, garis suksesi diserahkan kepada Duke of York, diikuti oleh Putri Beatrice.

Berdasarkan dokumen yang bocor ke publik, setelah Ratu Elizabeth II meninggal, Pangeran Charles akan menjadi raja baru Inggris.

Baca Juga :  Membuka Cakrawala Dunia, Dua Bidan Jelajahi Turki

Selanjutnya, akan diadakan acara resmi dewan aksesi di Istana St James untuk mendeklarasikan secara resmi kedudukan Charles sebagai Raja.

Sementara itu, upacara penobatannya akan digelar beberapa bulan setelah prosesi pemakaman ratu. Kemudian, gelar Pangeran Wales akan berpindah ke Pangeran William.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan