- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Diambil Sumpahnya, Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI dan Siap Bela Timnas Indonesia

  • Bagikan
Diambil Sumpahnya, Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI dan Siap Bela Timnas Indonesia

indo1.id – Shayne Pattynama kini telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan diambil sumpahnya sebagai WNI pada Selasa (24/1/2023), di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta.

Shayne Pattynama hadir di Kanwil Kemenkumham dengan mengenakan setelan kemeja putih, dasi merah, jas hitam, celana hitam, sepatu hitam, serta mengenakan peci hitam.

Pemain kelahiran Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu didampingi oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan perwakilan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

“Sore hari ini Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Ini yang ditunggu-tunggu oleh kita,” ucap Mochamad Iriawan.

Selanjutnya, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023 nanti.

Baca Juga :  Kehadiran Timnas Israel Di Piala Dunia U20 Dikawatirkan Berujung Pemakzulan terhadap Jokowi.

Apresiasi Sejumlah Pihak

Seperti diketahui, Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya pun langsung disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Setelah itu, pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Baca Juga :  Seleksi Timnas dari Jawa Barat untuk Piala Dunia U-17 Menarik Perhatian Presiden Jokowi

“Alhamdulillah kami mengucap syukur atas bantuan semuanya. Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua,” tutur Mochamad Iriawan.

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan