- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ki Ageng Pandanaran, Tokoh Pendiri Kota Semarang.

  • Bagikan
????? ?? ????? ?????????? ????????.

Indo1.id II Makam Ki Ageng Pandanaran, salah seorang tokoh pendiri Kota Atlas.

Berada di tengah kawasan padat penduduk. Tepatnya di Jalan Mugas Dalam II, Nomor 04, RT 07/RW 03, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Makam Ki Ageng Pandanaran masih menjadi favorit masyarakat untuk berziarah dan beribadah. Bahkan, setiap momentum mendekati hari jadi Kota Semarang, sosoknya menjadi jujukan bagi Wali Kota Semarang.

Baca Juga :  Kawah Wurung, Destinasi Wisata Alam yang Menawarkan Keindahan Savana dan Bukit

Ketua Yayasan Sosial Sunan Pandanaran Semarang, H Agus Krisdiyono menceritakan, ia tak tahu detail terkait meninggalnya Ki Ageng Pandanaran. Dimakamnya hanya diterangkan pada abad ke-16 atau 1547.

Agus biasa dia disapa menyebut, bahwa ia merupakan keturunan dari Ki Ageng Pandanaran. Dia mengaku sebagai generasi ke-17. Sehingga, Agus bertanggung jawab untuk merawat makam tokoh pendiri Kota Semarang itu.

Baca Juga :  Wisata Danau Toba Menarik Perhatian Sebagai Destinasi Super Prioritas

Sebagai trah saya wajib menjaga makam dan mengelolanya.

Semasa hidup, Ki Ageng Pandanaran merupakan penyiar agama Islam yang diutus oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah di area Semarang.

Konon, kala itu Semarang masih berupa alas dan karang pinggir pantai.

Sebelumnya, Ki Ageng Pandanaran pernah tinggal dan membuka pesantren di Pulau Tirang Amper. Kini, lokasi itu merupakan daerah Mugas, Semarang Selatan.

Baca Juga :  Inilah Destinasi Wisata di Indonesia yang Populer di Kalangan Selebriti Dunia!

Tetapi beberapa waktu kemudian, pesantren itu dipindahkan ke daerah Pegisikan. Sementara Pandanaran membuka daerah baru yang sekarang dikenal sebagai Bubakan.

Setelah Semarang terbentuk, Ki Ageng Pandanaran menjadi adipati pertama karena dianggap sebagai pelopor berdirinya Kota Semarang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beliau wafat sekitar 72 tahun sebelum tahun 1547 Masehi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan