- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Bledug Kuwu Grobogan Semarang Jawa Tengah, Ada Kawah Joko Tuwo !

  • Bagikan
Wisata Bledug Kuwu Grobogan Semarang Jawa Tengah, Ada Kawah Joko Tuwo !

Indo1.id II Bledug Kuwu adalah fenomena alam kawah lumpur dengan luas mencapai 4,5 hektar, yang berada di wilayah kabupaten Grobogan – Jawa Tengah.

Bledug kuwu memiliki beberapa kawah yang terbesar disebut Kawah Joko Tuwo yang berada di sebelah timur, dan yang terkecil berada di barat disebut Roro Denok.

Bledug Kuwu berada di dataran rendah dengan suhu rata-rata antara 28-36° Celcius, Berbeda dengan wisata di Grobogan lainnya.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Cirebon, Jawa Barat

Seperti Kedung Ombo yang berhawa sejuk dan hijau, di kawasan ini matahari terasa sangat terik disertai hembusan angin yang kencang berdebu.

Bledug Kuwu saat ini dikelola sebagai obyek wisata alam yang fenomenal, berlokasi di desa Kuwu Kecamatan Kradenan 28 kilometer arah timur kota Purwodadi.

Dengan harga tiket masuk Rp. 6000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir, sudah bisa berwisata ke destinasi wisata yang satu ini.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Menarik di Tarakan yang Belum Banyak Diekspos!

Para pengunjung yang datang dii kawasan ini disarankan menggunakan kacamata gelap dan masker demi kenyamanan.

Pengunjung yang ingin menyaksikan letupan lumpur Bledug Kuwu, batas jarak aman yang disarankan kurang lebih 150 meter dari area parkir.

Yang sangat menarik adalah letupan tersebut menghasilkan gas dan air garam, dan air garam tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk memproduksi garam.

Baca Juga :  Wisata Sejarah Candi Singhasari: Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Singasari

Suara gemuruh yang disertai pembentukan gelembung yang semakin membesar dan akhirnya meletup, merupakan pemandangan yang dapat disaksikan di destinasi ini.

Saat udara dingin dan cuaca mendung atau di pagi hari, biasanya akan terjadi letupan besar yang menyemburkan lumpur sampai setinggi 10 meter.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan