- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Wisata Religi Mata Air Nyatnyono Ungaran Semarang Jawa Tengah.

  • Bagikan
?????? ?????? ???? ??? ????????? ??????? ???????? ???? ??????.

Indo1.id II Di Unggaran Barat terdapat mata air keramat. Dipercaya bila mandi di sini, segala penyakit sembuh dan doa akan terkabul.

Sendang Keramat Kalimah Toyyibah Hasan Munadi adalah lokasi wisata religi yang berada Jawa Tengah. Berada di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Sendang Kalimah Toyyibah, menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin berwisata sekaligus berziarah.Mbah Ahmaji, perawat sendang yang sudah bekerja sejak puluhan tahun silam, menyampaikan bahwa pengunjung datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Wisata Religi Gunung Kemukus, Pernah Berkunjung ?

Bahkan sudah dikunjungi negara tetangga. Ada pula yang rutin datang kemari. Jumlah wisatawan bisa mencapai ratusan dalam sehari. Kalau dari luar negeri yang rutin dari Malaysia dan Singapura.

Salah satu petugas Ahmaji biasa dia disapa menuturkan, Soal waktu kunjungan juga bergelombang, tidak bersamaan. Kadang pagi atau malah dini hari, ungkapnya.

Baca Juga :  Wisata Pantai Lampuuk Aceh, Pantai Kuta dari Tanah Rencong

Pengelola menyediakan baliho berukuran berisi doa sebelum memanfaatkan air sendang. Sedangkan lokasi mandi dibagi menjadi dua, laki-laki dan perempuan.

Ada doa yang harus dibaca sebelum mandi atau meminum air sendang. Khusus mandi, tidak boleh BAK, BAB, dan telanjang bulat di lokasi sendang. Jadi harus memakai sarung, jika tidak membawa ya bisa sewa di masyarakat setempat, cuma seribu,” ungkap Ahmaji.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan