- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Pemudik yang Melewati Laut di Pelabuhan Makassar, Terjadi Peningkatan

  • Bagikan
??????????? ??????? ???? ???????? ???? ?? ??????ℎ?? ????????. (???? ????????? @????????????)

Indo1.id – Antrean panjang terjadi di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (13/4/2023) dini hari tadi karena peningkatan jumlah pemudik yang memilih menggunakan transportasi laut untuk mudik menjelang lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Pada hari itu, tercatat 2.300 pemudik menumpangi 3 kapal penumpang yang disiapkan oleh Pelni dengan rute Maumere, Labuan Bajo, serta Surabaya.

Peningkatan jumlah pemudik ini diperkirakan mencapai 40 persen dibandingkan hari-hari biasa. Ribuan pemudik memadati area terminal pada pos 1 pelayanan tiket digital serta konvensional. Sepanjang area terminal menuju area pelayanan tiket pada gate penumpang juga terlihat padat oleh ribuan pemudik yang akan berlebaran di kampung halamannya.

Ahmad Ezat Abdullah, Kepala Operasi dan Pelayanan Pelni Makassar, menjelaskan bahwa tahun ini ada 3 kapal yang melayani pemudik, yaitu KM Binaya dengan jumlah penumpang 583 orang, KM Siguntang dengan jumlah penumpang 715 orang, dan KM Gunung Dempo dengan jumlah penumpang 1.060 orang. Sementara itu, KM Gapulu akan berangkat jam 12 malam nanti.

Ribuan pemudik ini memilih mudik lebih awal guna menghindari kehabisan tiket serta jadwal kapal yang beroperasi pada 1 hari jelang lebaran. Dari data manifest penumpang dibanding lebaran tahun lalu meningkat tajam. Peningkatan jumlah pemudik diperkirakan akan bertambah hingga 5 hari jelang lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

Baca Juga :  H-5 Hari Raya Idulfitri, Bandara Soekarno Hatta Tangerang Sudah Ramai Para Pemudik.

Salah satu pemudik tujuan Nusa Tenggara Barat, Suhaemi, mengaku senang bisa pulang ke kampung halamannya di Lombok akibat 3 tahun terbentur aturan PPKM di masa pandemi Covid-19. Ia mengatakan bahwa mudik ke Lombok untuk bertemu dengan ibu dan ayahnya merupakan kebahagiaan yang tidak bisa ia rasakan di tahun-tahun sebelumnya.

Pelni Makassar menyiapkan 16 kapal penumpang yang singgah di pelabuhan tersebut, termasuk di antaranya rute Balikpapan-Surabaya, Jakarta-Batam, serta Semarang-Kumai. Ahmad Ezat Abdullah menjelaskan bahwa puncak mudik terjadi di KM Gunung Dempo pada hari itu, diikuti oleh KM Dorolonda pada tanggal 14, dan KM Sinabung pada tanggal 19.

Baca Juga :  12 Jam, Pemudik Bajaj Terjebak Macet dari Bekasi hingga Cikampek

Kepala Operasi dan Pelayanan Pelni Makassar berharap agar pemudik dapat mematuhi protokol kesehatan selama melakukan perjalanan agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan