- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Tips Mencari Rest Area Terdekat Saat Perjalanan Mudik.

  • Bagikan
???? ??????? ???? ???? ???????? ???? ?????????? ?????. (???? ????????? @????_????72)

Indo1.id – Jika Anda melakukan perjalanan mudik, maka penting untuk beristirahat sejenak di rest area agar terhindar dari kelelahan.

Namun, bagaimana cara mencari rest area terdekat di sekitar rute perjalanan Anda? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Rest area adalah tempat istirahat yang tersedia di sepanjang rute perjalanan dan dapat digunakan oleh pengendara untuk beristirahat, mendinginkan mesin, buang air, atau melakukan aktivitas lainnya. Rest area biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memfasilitasi aktivitas tersebut.

Menurut Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 Tahun 2018, rest area di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori yang memiliki fasilitas yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Nasehat Imam Syafii: Jangan Suka Berdebat dengan Orang Bodoh!

Kategori pertama adalah kategori A yang memiliki luas minimal 6 hektar dan lebar 150 meter dengan berbagai fasilitas seperti ATM, toilet, klinik kesehatan, SPBU, minimarket, restoran, bengkel mobil, kios, tempat ibadah, dan ruang terbuka hijau.

Kategori kedua adalah kategori B dengan luas minimal 3 hektar dan lebar 100 meter, dilengkapi dengan fasilitas seperti ATM, toilet, minimarket, tempat ibadah, kios, restoran, tempat parkir, serta ruang terbuka hijau.

Sedangkan kategori terakhir adalah kategori C dengan luas minimal 2.500 meter dan lebar 25 meter, serta dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet, kios, tempat parkir, serta tempat ibadah.

Baca Juga :  Tips Mudah Mengatasi Rambut Mengembang, Ini Caranya!

Pertama, Menggunakan fitur Google Maps
Pemudik dapat menggunakan fitur Google Maps untuk mencari letak rest area terdekat yang dapat dijangkau untuk beristirahat sejenak. Caranya adalah dengan menyalakan fitur GPS, masuk ke aplikasi Google Maps, ketik rest area terdekat pada kolom pencarian, pilih rest area terdekat yang diinginkan, klik mulai untuk memunculkan navigasi jalannya, dan ikuti navigasi hingga sampai di tujuan.

Kedua, Menggunakan aplikasi BPJT Info Tol
Pemudik juga dapat menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dibuat oleh pemerintah. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang serupa dengan Google Maps, sehingga memerlukan pengaktifan fitur GPS untuk menampilkan navigasi rute yang harus diikuti untuk mencapai rest area terdekat.

Baca Juga :  Tips Menanam Cabe Merah Dirumah, Agar Hasil melimpah

Ketiga, Menggunakan fitur Google Assistant
Cara lainnya adalah dengan menggunakan fitur Google Assistant. Untuk menggunakan fitur ini, pemudik perlu menyalakan fitur voice match, ucapkan “Ok Google”, ucapkan “Rest area terdekat”, pilih rest area yang ditampilkan, dan ikuti navigasi untuk mencapai rest area tersebut.

Penting untuk diingat, pastikan untuk beristirahat apabila merasa lelah. Jangan memaksakan diri karena kondisi fisik sangat mempengaruhi konsentrasi dalam mengemudi. Mengabaikan rasa lelah dan memaksakan untuk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan