- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Dominasi Google Terancam Microsoft Bing Yang Sudah Ada Chat GPTnya!

  • Bagikan
Google terancam Microsoft Bing. (Dok.reuters)

Indo1.id – Saham Alphabet, salah induk usaha Google dilaporkan sampai anjlok 4% pekan ini. Taksiran kerugian google kurang lebih US$ 55 miliar atau setara Rp 817 triliun.

Merosotnya saham Google  menurut The New York Times dikerenakan isu Samsung yang berniat mengganti mesin pencarinya dari Google Search menjadi Micrsofot Bing.

Apabila itu terjadi, bisa dipastikan Google akan kehilangan pendapatan tahunan sebesar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 44,5 triliun.

Baca Juga :  Spek Oppo Pad 2, Tablet Flagship dengan Layar 144Hz dan Prosesor Dimensity 9000

Baru-baru ini diprediksi dominasi Google terancam akibat Microsoft Bing yang sudah menyematkan kemampuan chatbot AI serupa ChatGPT buatan OpenAI.
Bahkan,  dalam beberapa bulan terakhir, Microsoft Bing meraup 100 juta pengguna aktif harian untuk pertama kalinya.

Melihat pertumbuhan signifikan Microsoft Bing, pabrikan HP pun mulai melirik mesin pencari tersebut. Salah satu yang dilaporkan sedang mempertimbangkan opsi peralihan dari Google adalah Samsung.

Baca Juga :  JBL Authentics 300: Speaker Pintar dengan Desain Retro dan Suara Mumpuni

Kemudian, jika Apple ikut tren ini, Google akan kehilangan pendapatan tahunan senilai US$ 20 miliar atau setara Rp 297 triliun.

Dikutip dari MarketInsider, Selasa 18 April 2023, Kontrak Apple ke Google akan diperbarui pada akhir 2023 ini.

Diketahui, selama ini Google memonopoli layanan mesin pencari dengan pangsa pasar 90%. Kemunculan ChatGPT pada akhir tahun lalu lantas membuat posisi Google terancam.

Baca Juga :  Bikin Emak-Emak Sedih, Produsen Tupperware Terancam Bangkrut!

ChatGPT dikembangkan OpenAI, tak lain merupakan startup yang didanai Microsoft.

Sementara itu Google pun tak tinggal diam. Kini google langsung membentuk satuan kerja beranggotakan 160 orang dari designer, engineer, dan eksekutif, untuk menggodok AI di dalam Search Enggine.

Sebelumnya, Google sudah menciptakan Bard, yakni chatbot semacam ChatGPT. Namun, perlu upaya lanjutan untuk mengintegrasikan chatbot tersebut ke dalam mesin pencarinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan