- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Suhu Tinggi Menerjang Indonesia, Ini Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kehidratan Tubuh

  • Bagikan
??ℎ? ?????? ????????? ?????????, ??? ??????? ??????? ????? ??????? ??ℎ??????? ????ℎ (???? ?????.??.??)

Indo1.id – Suhu tinggi yang luar biasa telah melanda wilayah Indonesia selama beberapa hari terakhir. Bahkan, tidak hanya di negeri ini, suhu tinggi juga melanda seluruh negara di Asia.

Melihat fenomena ini, tentu penting untuk mengetahui jenis makanan yang dapat membantu menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi selama beraktivitas.

Pasalnya, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak air dapat membantu tubuh melawan efek panas yang dirasakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi, dikutip dari berbagai sumber.

Timun

Mengonsumsi timun selain menyegarkan juga dapat membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Mentimun mengandung air 96,73% dimana ini merupakan angka cukup besar untuk mengembalikan cairan tubuh.
Mentimun juga mengandung nutrisi khusus yang disebut cucurbitacins, beberapa bukti menunjukkan bisa memiliki efek antidiabetes.

Baca Juga :  Ingin Punya Tubuh Body Goals Kayak Member Blackpink? Intip Tips Dari Mereka!

Tomat

Buah yang sekaligus sering digunakan dalam masakan ini juga disinyalir memiliki kandungan air cukup banyak dalam satu butirnya.

Tomat mengandung kadar air 94,52%, dan kaya akan serat, vitamin C dan K, folat, dan potasium. Bahkan tomat juga mengandung lycopene, yang membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Bahkan di beberapa negara tropis, mengonsumsi tomat di musim panas sudah biasa dilakukan.

Semangka

Buah yang satu ini memang sudah dikenal dengan kandungan air cukup banyak. Bahkan, di negara Asia lain mengonsumi Semangka saat musim panas adalah keharusan. Karena selain menyegarkan, rasanya yang manis mampu memberikan energi pada tubuh. Sebab ia mengandung air sebanyak 92%.

Baca Juga :  Benarkah Galon Air Isi Ulang Berbahaya Bagi Kesehatan Saat Terkena Panas?

Satu porsi 1 cangkir (154 gram) mengandung lebih dari setengah cangkir (118 ml) air, selain beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Ini juga cukup rendah kalori, hanya menyediakan 46 kalori per cangkir.

Karena memiliki kandungan air yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori sangat rendah. Artinya porsi semangka relatif besar mengandung kalori yang sangat sedikit,” tulis laman Healthline.

Jeruk

Jeruk juga menjadi salah satu buah-buahan menyegarkan yang dapat dikonsumsi saat musim panas. Meski ada sensasi asam, namun kandungan air di dalamnya juga cukup tinggi lho.

Baca Juga :  Ternyata Ini Manfaat Kulit Salak Bagi Kesehatan, Simak Penjelasanya!

Kandungan air dalam jeruk sekitar 88%, ternyata juga kaya antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.
Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi, termasuk vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Demikian tadi empat makanan yang dapat dikonsumsi selama cuaca ekstrem seperti saat ini. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan