- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Apa Dampak El Nino Bagi Kehidupan: Ini Penjelasan Dan Persiapan Yang Perlu Dilakukan!

  • Bagikan
?????? ?? ???? ???? ??ℎ??????: ?????????? ??? ????????? ???? ????? ????????? (???? ???????.???)

Indo1.id – Fenomena alam yang dikenal sebagai El Nino diperkirakan akan tiba di Indonesia. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan diri dan menambah pengetahuan tentang fenomena iklim El Nino. Lalu, apa dampak El Nino bagi kehidupan? Berikut adalah penjelasannya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sempat membicarakan fenomena El Nino. Menurutnya, El Nino akan terjadi pada bulan Agustus mendatang.

“Dari permodelan cuaca yang kami dapatkan, El Nino diprediksi akan terjadi pada Agustus 2023, meskipun tingkat keparahan yang mungkin terjadi masih sangat tidak pasti,” ungkap Luhut di akun Instagram @luhut.pandjaitan pada Rabu (26/4/2023).

Sebelum fenomena ini terjadi, perlu diketahui pengertian El Nino dan dampak yang mungkin terjadi, terutama di Indonesia.

Menurut situs BMKG, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Dengan demikian, El Nino dapat memicu terjadinya kekeringan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Mengenali Ciri-ciri Orang yang Pelit dan Dampaknya dalam Interaksi Sosial

Selain El Nino, ada fenomena lain yang disebut La Nina, yang merupakan kebalikan dari El Nino. La Nina terjadi ketika suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya, yang dapat meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia.

Ada banyak dampak yang mungkin terjadi jika El Nino melanda Indonesia. Meskipun prediksi telah dilakukan pada bulan Agustus, antisipasi perlu dilakukan karena tingkat keparahan yang mungkin terjadi masih tidak pasti. Berikut adalah dampak yang mungkin terjadi jika El Nino melanda Indonesia.

Baca Juga :  Awas!, Ini Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku, Simak Penjelasanya!

1. Perubahan Suhu
El Nino akan mempengaruhi suhu yang ada di global dan Indonesia. Suhu bisa meningkat karena air yang lebih hangat menyebar lebih jauh dan tetap lebih dekat ke permukaan. Untuk itu, suhu akan semakin panas. Tercatat, tahun 2016 adalah tahun terpanas karena dampak dari El Nino.

2. Kekeringan
El Nino akan membuat curah hujan menjadi rendah. Ini yang bisa saja membuat musim kemarau di Indonesia menjadi lebih lama dan bisa menyebabkan kekeringan. Akan tetapi, tingkat berkurangnya curah hujan tergantung pada intensitas El Nino tersebut.

Di Indonesia, tidak seluruh wilayah dipengaruhi oleh fenomena El Nino. Biasanya, wilayah yang terkena El Nino ialah yang berada di garis khatulistiwa yang merupakan jalur dari angin pasat.

Baca Juga :  Spek ZTE Blade A72s, Smartphone Entry Level dengan Kamera 50 MP

3. Gagal Panen
Fenomena El Nino bisa berdampak sampai ke pertanian. Ketika terjadi El Nino, maka, ketersediaan air akan menjadi lebih sedikit dan bisa mengakibatkan tanaman untuk pertanian menjadi rusak karena kekurangan air.

4. Muncul Berbagai Penyakit
Saat kekeringan melanda akibat fenomena El Nino, bisa memunculkan berbagai penyakit. Penyakit yang bisa menyerang yakni diare, panas dalam, dehidrasi, kolera dan lain sebagainya.

Bisa juga terkena sakit mata karena udara yang kering dan juga sangat berdebu. Mata bisa belekan, dan rasa yang mengganjal. Terlebih, penyakit yang bisa datang yakni masalah pada paru-paru. Karena, kemarau akan meningkatkan polusi udara yang disebabkan frekuensi hujan berkurang. Padahal, hujan bisa membersihkan polutan yang ada. Polusi udara sangat berhubungan dengan sel paru saat manusia menarik napas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan