- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Elektabilitas Erick Thohir Saingi Ganjar, Pantaskah Disandingkan Jadi Cawapresnya?

  • Bagikan
Menteri BUMN Erick Thohir Elektabilitas saingi Ganjar Potensi dampingi maju Cawapres (doc.foto Fajar)

Indo1.id – Ketua Umum Pergerakan Rakyat Berdaulat, Wahab Talaohu, mengungkapkan bahwa Erick Thohir bisa menjadi faktor penentu kemenangan dalam Pilpres 2024, dengan julukan khusus ‘Erick Thohir Effect’ atau ETE. 

Menurut Wahab, pengaruh yang kuat dari Menteri BUMN ini terkait dengan popularitasnya sebagai bakal calon wakil presiden atau cawapres yang terus meningkat.

“Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan ada Erick Thohir Effect (ETE) yang begitu kuat,” ujar Wahab.

Sedangkan elektabilitas kandidat cawapres lainnya justru stagnan atau menurun. Menurut Wahab, Erick Thohir selalu berhasil meningkatkan elektabilitas bakal capres 2024 seperti Ganjar Pranowo dan dirinya sendiri. 

Baca Juga :  Erick Thohir Lepas 78.000 Pemudik, Singgung Inflasi di Eropa

Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan hasil empat simulasi di mana Erick selalu memenangkan pasangan capres yang ia dukung.

“Bisa kita lihat dalam simulasi pertama, pasangan Prabowo-Erick berada di urutan teratas dengan (elektabilitas) 32,8 persen. Sementara Ganjar-Sandiaga 32,5 persen dan Anies-AHY hanya 24,4 persen,” terangnya..

Dalam simulasi kedua, ketika Erick dipasangkan dengan Prabowo untuk melawan pasangan Ganjar dan Ridwan Kamil, Erick tetap mampu membawa Prabowo keluar sebagai pemenang meskipun dengan margin yang tipis. 

Baca Juga :  Elektabilitas Gibran Dan Dico Tertinggi Jadi Cagub & Cawagub Jateng 2024

Erick juga dianggap berhasil menjadikan BUMN sebagai garda terdepan dalam membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sempat terguncang karena pandemi Covid-19

Karena faktor tersebut, Erick menjadi disukai dan dikenal oleh masyarakat secara luas. Wahab juga menyatakan bahwa tingkat popularitas Erick sangat tinggi, mencapai 83,4 persen. 

Erick bahkan menjadi satu-satunya figur di luar tiga bakal calon presiden yang dianggap layak untuk melanjutkan pemerintahan Jokowi atau dengan kata lain pantas maju sebagai capres.

Baca Juga :  Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal, Optimis MK Putuskan Sistem Proporsional Terbuka!

“Erick dengan BUMN-BUMN-nya mampu menciptakan kemajuan ekonomi sehingga Erick Thohir Effect menjadi variabel penentu kemenangan pilpres 2024,” jelas Wahab. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan