- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Rekomendasi Oleh-Oleh Jakarta yang Wajib Dibeli

  • Bagikan
????? ???ℎ-???ℎ ??? ????????? ??????? (??????? ???? ????)

Indo1.id – Jakarta dikenal dengan jalanannya yang sibuk dan padat, namun juga menyimpan kekayaan budaya dan masakan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tertarik untuk mengetahui beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibeli? Simak daftar berikut ini.

Jakarta dikenal sebagai pusat bisnis, administrasi, dan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi. Namun demikian, ia juga berfungsi sebagai tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui oleh-oleh unik yang bisa dibeli di Jakarta. Tanpa basa-basi lagi, inilah 17 oleh-oleh Jakarta yang populer dan wajib dibeli.

1. Kerak Telor
Tidak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi kerak telor di Jakarta. Makanan khas Betawi ini memiliki cita rasa yang gurih dengan bumbu khas yang dicampuri serundeng (parutan kelapa yang disangrai).

Baca Juga :  Upaya Bersama Warga Jakarta dalam Menangani Polusi Udara dan Menjaga Kualitas Udara Kota

Kerak telor terbuat dari beras ketan putih yang masih mentah lalu dimasak, dicampur dengan telur bebek atau telur ayam, serundeng, bumbu khas, ebi, cabai merah, garam, merica, yang kemudian disangrai secara bersamaan. Kata kerak telor sendiri diambil dari cara pembuatannya yang membalikkan wajan ketika sajian sudah setengah matang, dengan ini telurnya akan langsung menghadap ke arang sehingga membentuk kerak.

Menariknya lagi, pembuatan kerak telor masih menggunakan cara tradisional dengan tungku dan arang. Adapun harga kerak telor dibanderol Rp 25.000 untuk telur bebek dan Rp 20.000 untuk telur ayam. Makanan ini bisa dijumpai di pameran Kemayoran, daerah Kota Tua, atau Setu Babakan.

2. Roti Buaya
Menurut adat Betawi, roti buaya merupakan simbol kesetiaan karena buaya hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Maka dari itu, roti buaya kerap kali dijadikan seserahan pernikahan Betawi.

Baca Juga :  Simak Rekomendasi 5  Pantai Terindah di Bali yang Wajib Dikunjungi Liburan ini!

Biasanya ketika seserahan terdapat dua roti buaya yang melambangkan bahwa kedua calon pengantin telah siap menjadi suami istri. Selain kesetiaan, roti buaya juga dilambangkan sebagai simbol kesabaran karena buaya yang selalu sabar menunggu mangsanya.

Sejarahnya dahulu Jakarta dikelilingi oleh 13 sungai, yang masing-masing bermunculan buaya bahkan berinteraksi dengan masyarakat. Roti buaya memiliki tekstur yang lembut dan renyah diluar. Harga roti buaya bisa mencapai Rp50.000-Rp60.000 per buah untuk ukuran medium.

3. Akar Kelapa
Oleh-oleh khas Jakarta yang tidak boleh lupa untuk dibeli adalah akar kelapa. Sajian ini biasanya ditemui ketika hari raya. Nama akar kelapa diambil dari bentuknya yang mirip seperti akar kelapa.

Baca Juga :  Simak 5 Rekomendasi Lipstik Murah yang Bagus dan Tahan Lama!

Kudapan ini terbuat dari tepung ketan, tepung beras, gula halus atau bisa juga menggunakan gula pasir yang sudah dihaluskan, margarin, air, telur, biji wijen agar lebih harum, santan, dan sedikit garam.

Cara membuatnya cukup dengan menggabungkan bahan telur, gula, garam, santan, aduk hingga gula mulai larut. Kemudian masukan biji wijen, tepung beras, tepung ketan sedikit demi sedikit, margarin, air dan aduk hingga adonan tidak lengket.

Jangan lupa panaskan minyak terlebih dahulu dan masukan adonan kedalam cetakan akar kelapa. Lalu goreng dengan menggunakan api kecil. Tiriskan jika sudah berwarna kuning kecoklatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan