- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ternyata Ini Yang Bikin Seorang Anak Sukses! Pendidikan Bukan Jaminan! Orang Tua Wajib Simak!

  • Bagikan
Anak-anak bersemangat berangkat sekolah. (Dok. @pixabay)

Agar anak dapat memiliki kemampuan tersebut, orang tua bertugas mendorong anak mengembangkan sifat-sifat yang akan membantu mereka menjadi sukses.

Menirut Borba, inilah cara untuk membantu si kecil mengembangkan ketekunannya.

1. Latih Anak agar Tak Mudah Putus Asa
Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua untuk mengembangkan sifat tekun anak adalah menjauhkan mereka dari faktor yang bisa membuat mereka mudah putus asa dan ogah untuk tekun.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Cuan Dengan Keahlian Memasak, Simak!

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan orang tua. Misalnya tidak memberikan tekanan kepada anak untuk selalu berhasil, selalu mengapresiasi usaha yang dilakukan anak (bukan hasil), beri anak pemahaman bahwa kesuksesan hanya bersifat sementara, dan selalu pahami tingkat kemampuan anak.

2. Apresiasi Usaha Anak
Salah satu Psikolog dari Stanford, Carol Dweck menemukan bahwa kecerdasan anak cenderung tidak bertahan ketika kepintaran mereka dipuji sebab anak akan merasa cepat puas. Namun, anak akan merasa lebih termotivasi dan terus berusaha keras ketika dipuji atas usaha dan kerja kerasnya, bukan hasilnya.

Baca Juga :  Tips Menemukan Judul Skripsi Dengan Cepat dan Mudah

Menurut Carol, memuji usaha anak, bukan hasil yang diperoleh mampu mengembangkan ketekunan mereka. Selain itu, bila usahanya dipuji, anak akan terdorong untuk sukses tanpa mengharapkan imbalan, seperti hadiah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan