- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Ingin Sukses dan Kaya Raya, Simak Nasehat  Seorang Billionaire, Warren Buffet!

  • Bagikan
Warren Buffet. (Dok. TheStreet)

Indo1.id – Seorang terkaya no 6 sedunia menurut Forbes dan juga CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett. Pada surat tahunannya kepada para pemegang saham, ia menyatakan bahwa sebagian besar kesuksesan perusahaannya dihasilkan dari menghindari kesalahan fatal.

Lalu, saat ditanya soal bagaimana cara menghindari masalah tersebut, Waren Buffet memberi saran yang tidak biasa.

“Anda harus menulis obituari atau berita kematian milik anda sendiri dan mencari cara untuk hidup sesuai dengan itu,” tuturnya, dikutip dari CNBC Make It.

Menjelaskan lebih lanjut, Buffett menyatakan, jenis kesalahan yang sangat merugikan  adalah kesalahan yang dapat mengguncang rencana dan sasaran keuangan Anda.

Baca Juga :  Simak 5 Tips Jadi Food Vlogger yang Sukses dan Menghasilkan Cuan

“Anda seharusnya tidak pernah mengalami malam ketika Anda khawatir tentang investasi,” tuturnya.

Hal ini berarti berinvestasilah sesuai dengan toleransi resiko yang sesuai kapasitas dan menghindari memasukkan terlalu banyak uang ke dalam investasi berisiko.

Dengan menyebarkan investasi anda ke seluruh portofolio yang terdiversifikasi secara luas, anda menjaga diri dari kemungkinan penurunan portofolio. Di luar itu, Buffett mendesak orang-orang untuk tetap hidup sederhana.

“Anda harus membelanjakan sedikit lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan. Dan Anda dapat membelanjakan sedikit lebih banyak daripada yang Anda hasilkan. [Tapi] kemudian Anda punya hutang dan kemungkinan Anda tidak akan pernah keluar dari hutang, “katanya.

Baca Juga :  Tips Belanja Hemat Bulanan bagi Mahasiswa Baru yang Hidup Mandiri

Dengan menghindari hutang, itu bisa menghindari kerugian materil yang mungkin terjadi dari kartu kredit. Bila  ingin keluar dari hutang kartu kredit dengan bunga 12% atau 14%, Anda harus mendapatkan lebih dari itu untuk investasi.

Di samping nasehat tersebut, untuk menghindari kesalahan dalam hidup, Buffett berbagi nasihat yang dia terima dari teman lama dan mitra bisnisnya Tom Murphy.

Ia menyatakan, seseorang bisa kehilangan segalanya hanya dengan satu perkataan impulsif yang melukai perasaan orang lain.

Baca Juga :  Ternyata Kucing Seneng Dengan Kotak Kardus! Benarkah?

Ketika  sangat ingin memberikan pendapat kepada orang lain, tetapi ada risiko serius bahwa itu dapat merusak reputasi diri sendiri.

Termasuk di internet, Buffet menilai akan lebih baik untuk bijaksana dibanding meletup emosi sesaat yang bisa jadi catatan buruk jika tersebar di internet.

Maka, cara terbaik untuk menjaga warisan Anda menurut Buffet adalah bersikaplah dengan baik.

“Saya tidak pernah mengenal orang yang pada dasarnya baik yang meninggal tanpa teman. Saya mengenal banyak orang kaya yang meninggal tanpa teman, termasuk keluarga mereka,” tutupnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan