- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Manchester City Juara Piala FA 2023 Usai Kalahkan Manchester United 2-1.

  • Bagikan
Pemain Manchester City Rayakan Kemenangan Juara FA Cup 2023. (Foto: twitter @ManCity)

Indo1.id – Manchester City berhasil meraih gelar Piala FA 2023 setelah mengalahkan rival sekotanya Manchester United dengan skor 2-1 di Stadion Wembley pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Dua gol kemenangan City dicetak oleh Ilkay Gundogan, yang mencetak gol tercepat dalam sejarah final Piala FA hanya dalam 12 detik sejak kick-off.

Gol balasan United datang dari penalti Bruno Fernandes di babak pertama.

City mendominasi jalannya pertandingan sejak awal dan langsung unggul saat tendangan jauh Stefan Ortega disundul keluar oleh Victor Lindelof, namun bola jatuh ke kaki Gundogan yang melepaskan voli spektakuler yang meluncur ke pojok kanan gawang David de Gea.

Baca Juga :  Zlatan Ibrahimovic Resmi Pensiun,  Milanistipun Resmi Berduka.

Gol itu menjadi gol tercepat dalam sejarah final Piala FA, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Louis Saha dari Everton pada tahun 2009.

United berusaha bangkit dan mendapat kesempatan emas saat Jack Grealish melakukan handball di kotak penalti setelah menerima umpan silang dari Aaron Wan-Bissaka.

Wasit Paul Tierney menunjuk titik putih dan Fernandes dengan tenang mengecoh Ortega untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-33.

Babak kedua berlangsung lebih sengit dan kedua tim saling menekan. City kembali unggul pada menit ke-51 saat Kevin De Bruyne mengirim umpan matang ke kotak penalti dan Gundogan menyambutnya dengan sundulan yang gagal diantisipasi oleh de Gea. Gol itu menjadi gol kedua bagi Gundogan dan gol ke-25 bagi City di semua kompetisi musim ini.

Baca Juga :  Liverpool Benahi sekuatnya, Joel Matip dan Nat Philips akan Dilepas Pada Bursa Transfer Musim Panas Nanti

Gundogan nyaris mencetak hat-trick pada menit ke-72, namun golnya dianulir karena offside. Jika gol itu sah, ia akan menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick di final Piala FA sejak Stan Mortensen dari Blackpool pada tahun 1953.

United tidak menyerah dan terus mencari gol penyama kedudukan. Mereka hampir mendapatkannya pada menit ke-85 saat Marcus Rashford melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun Ortega sigap menepis bola dengan tangannya.

City berhasil mempertahankan keunggulan hingga peluit akhir berbunyi dan merayakan gelar Piala FA ketujuh mereka sepanjang sejarah, dan ketiga sejak tahun 2010.

Baca Juga :  Ronaldo Akhirnya Cetak Gol Juga

Bagi United, ini adalah kekalahan kesembilan mereka di final Piala FA, dan yang kedua secara berturut-turut, masih tanpa gelar Piala FA sejak tahun 2016.

City kini tinggal selangkah lagi untuk meraih treble sempurna musim ini, setelah sebelumnya juga menjadi juara Liga Premier Inggris. Mereka akan menghadapi Inter Milan di final Liga Champions pada 10 Juni mendatang.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim.

Manchester City (3-2-4-1): 
Ortega; Walker, Dias, Akanji; Stones, Rodrigo; Bernardo, De Bruyne, Gundogan ©, Grealish; Haaland.

Manchester United (4-2-3-1): 
De Gea; Wan-Bissaka, Varane, Lindelof, Shaw; Casemiro, Fred; Fernandes ©, Eriksen, Sancho; Rashford.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan