- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos Malam 1 Suro Yang Ternyata  Penuh Berkah, Hikmah dan Manfaat

  • Bagikan
Gambaran suasana malam 1 suro. (Foto: pixabay)

Indo1.id – Malam 1 Suro adalah malam tahun baru bagi Kalender Jawa, yang bertepatan dengan 1 Muharram atau tahun baru dalam Kalender Hijriah.

Malam 1 Suro jatuh pada Selasa malam, 18 Juli 2023. Malam ini dianggap sebagai malam yang sakral dan diperingati dengan berbagai ritual oleh masyarakat Jawa, khususnya bekas wilayah Mataram Islam seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Namun, selain ritual, malam 1 Suro juga memiliki berbagai mitos yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa.

Mitos-mitos ini berkaitan dengan hal-hal mistis, bencana, kesialan, hingga penampakan makhluk halus. Berikut ini adalah beberapa mitos malam 1 Suro yang populer di kalangan masyarakat Jawa.

– Mitos Nyi Roro Kidul.
Mitos pertama adalah bahwa malam 1 Suro menjadi momen Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Pantai Selatan sedang keluar dari lautan. Ia keluar untuk menjemput jiwa-jiwa yang telah mencapai puncak kesempurnaan spiritual.

Baca Juga :  Mitos Hutan Donoloyo di Wonogiri, Larangan Mengambil Kayu dan Memakai Baju Hijau Lumut

Oleh karena itu, masyarakat Jawa dilarang untuk mengenakan pakaian berwarna hijau atau mendekati pantai selatan pada malam ini, karena bisa menjadi sasaran Nyi Roro Kidul.

– Mitos tidak boleh keluar rumah.
Mitos kedua adalah bahwa malam 1 Suro menjadi malam buruk dalam satu tahun. Bahkan kerap dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus.

Baca Juga :  Mitos Reog Ponorogo, Seni Budaya Mistis dan Magis dari Jawa Timur

Pada zaman dahulu, masyarakat Kejawen meyakini musibah dan bencana terjadi pada malam 1 Suro.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan