Longspan LRT Jabodebek Salah Desain, Ini Penjelasan Pihak Terkait

  • Bagikan
Longspan LRT Gatsu- Kuningan. (Foto: twitter @RadioSmartFM)

Indo1.id Longspan atau jembatan lengkungan panjang yang menjadi bagian dari proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek menuai kontroversi.

Pasalnya, longspan yang berada di antara Jalan Gatot Subroto dan Kuningan, Jakarta Selatan, disebut salah desain oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo.

Menurut Kartika, longspan tersebut memiliki tikungan yang terlalu sempit, sehingga kereta LRT harus melambat saat melewatinya.

Baca Juga :  Pencapaian Luar Biasa Diraih Pramuka Indonesia, Rekor Bendera Laut, Penghargaan Peace Hero, dan Keanggotaan Terbanyak

Hal ini berdampak pada efisiensi dan kenyamanan penumpang. Kartika mengatakan bahwa longspan seharusnya memiliki tikungan yang lebih lebar agar kereta LRT bisa menikung sambil mempertahankan kecepatannya.

“Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya itu lebih lebar tikungannya. Kalau tikungannya lebih lebar, dia bisa belok sambil speed up. Tapi karena tikungannya sekarang sudah terlanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelan banget,” ujar Kartika dalam acara InJourney Talks, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hardiknas 2023: Pendidikan Tanggung Jawa Kita Bersama!

Namun, Menteri BUMN Erick Thohir membantah bahwa longspan LRT Jabodebek salah desain.

Ia mengatakan bahwa longspan tersebut sudah diperbaiki sebelum uji coba dilakukan.

Ia menambahkan bahwa longspan tersebut memang sulit dibangun tanpa sambungan dan sudah disesuaikan dengan operasional LRT Jabodebek.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan