- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Penemuan Katak Langka Berbintik di Pegunungan Sanggabuana

  • Bagikan
Penampakan Katak Pohon Mutiara. (Foto: Wanaswara)

Indo1.id – Pegunungan Sanggabuana, sebuah kawasan hutan di Karawang, Jawa Barat, menjadi tempat penemuan katak langka yang memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara.

Katak tersebut adalah katak pohon mutiara (Nyctixalus margaritifer), salah satu spesies endemik Jawa yang terancam punah.

Katak pohon mutiara ditemukan oleh tim Sanggabuana Wildlife Ranger (SWR), sebuah tim jagawana yang dibentuk oleh Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) untuk melakukan penelitian dan pendataan keanekaragaman hayati di Pegunungan Sanggabuana.

Baca Juga :  Pohon Tlogosari Terungkap Ada 48 Jenis Spesies Dengan Ciri-ciri Uniknya

Penemuan ini terjadi pada Jumat, 8 September 2023, ketika tim SWR sedang melakukan eksplorasi dan pendampingan kegiatan pengenalan biodiversitas dengan Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Islam As-Syafi’iyah Pondok Gede.

Kepala Divisi Litbang SCF, Koko, mengatakan bahwa katak pohon mutiara ditemukan di dekat aliran sungai Cikoleangkak, di bawah air terjun Curug Cikoleangkak.

Lokasi penemuan berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Katak tersebut berwarna oranye kecokelatan dan memiliki tekstur halus seperti jaringan kulit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan