Indo1.id – Tik Tok adalah sebuah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek yang menarik dan kreatif.
Aplikasi ini sangat populer di kalangan generasi z, yaitu generasi yang lahir sekitar tahun 1997 hingga 2010, yang tumbuh bersama perkembangan teknologi dan internet.
Menurut beberapa survei, Tik Tok bahkan mengalahkan Google dalam hal menjadi sumber informasi dan pengaruh bagi generasi z.
Salah satu survei yang dilakukan oleh Her Campus Media, sebuah perusahaan media dan pemasaran perguruan tinggi untuk generasi z, menunjukkan bahwa 74% generasi z menggunakan pencarian Tik Tok dan 51% responden survei memilih Tik Tok daripada Google sebagai mesin pencari mereka.
Alasan utama mereka lebih suka Tik Tok adalah karena format video dari hasil pencarian (69%), jawaban yang lebih relevan (65%), dan jawaban yang dipersonalisasi (47%).
Hampir tiga perempat generasi z juga mengaku membeli produk setelah melihatnya di Tik Tok.
Survei lain yang dilakukan oleh Jakpat, sebuah platform survei online, juga menunjukkan bahwa 24% responden dari generasi z menggunakan Tik Tok untuk mencari informasi.
Bahkan, Google sendiri mengakui bahwa pencarian di Tik Tok merupakan ancaman yang terus berkembang.
Menurut Senior Vice President Google Prabhakar Raghavan, hampir 40% generasi z, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Penelusuran (Search), tetapi mereka akan mengecek Tik Tok.
Tik Tok tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga menjadi sumber hiburan dan inspirasi bagi generasi z.
Aplikasi ini menyediakan berbagai macam konten yang sesuai dengan minat dan selera pengguna, mulai dari musik, komedi, edukasi, hingga gaya hidup.