Adakah Sistem Rem Darurat untuk Truk yang Mengalami Rem Blong?

  • Bagikan
Truk Volvo asal Jerman yang terkenal canggih dan banyak fitur keamanan. (Foto: Volvo)

Indo1.id – Rem blong adalah kondisi di mana sistem pengereman pada kendaraan tidak berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak berfungsi.

Rem blong bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti kampas rem habis, minyak rem bocor, angin rem habis, atau kerusakan pada komponen rem.

Rem blong sangat berbahaya, terutama pada kendaraan besar seperti truk, karena bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Baca Juga :  Mujirun: Maestro Engraver di Balik Keindahan Uang Kertas Indonesia

Untuk mencegah atau mengatasi rem blong, truk biasanya dilengkapi dengan sistem rem darurat atau rem bantuan yang berbeda dari rem utama.

Sistem rem darurat ini berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju truk ketika rem utama tidak bekerja.

Beberapa jenis sistem rem darurat yang ada pada truk antara lain adalah:

1. Exhaust Brake

Baca Juga :  Sejarah Kalender Jawa: Warisan Sultan Agung dalam Sistem Penanggalan

Exhaust brake adalah sistem rem yang memanfaatkan tekanan gas buang dari mesin untuk menghambat putaran roda.

Exhaust brake bekerja dengan menutup katup gas buang ketika pengemudi melepaskan pedal gas.

Hal ini membuat gas buang tertahan di dalam silinder dan menimbulkan tekanan balik yang mengurangi putaran mesin.

Akibatnya, laju truk akan melambat.

Exhaust brake biasanya digunakan pada truk dengan mesin diesel dan transmisi manual.

Baca Juga :  Viral Kemunculan Piramid di Danau Toba, Mirip Gunung Padang di Cianjur

Exhaust brake dapat diaktifkan dengan menekan tombol atau tuas yang terletak di dekat kemudi.

Exhaust brake dapat membantu mengurangi pemakaian kampas rem dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Engine Brake

Engine brake adalah sistem rem yang memanfaatkan kompresi udara di dalam silinder untuk menghambat putaran roda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan