Berdasarkan laporan Counterpoint, kontributor pengiriman ponsel Samsung berasal dari lini seri Galaxy A. Selain itu, pada kuartal ini, penjualan Galaxy Z Flip juga dua kali lipat lebih banyak dibanding pesaingnya, sehingga kian mendorong volume penjualan Samsung.
Nasib serupa juga menimpa Apple.
Pangsa pasar Apple turun dibanding kuartal III-2022, yakni sebesar 17 persen kini menjadi 16 persen.
Pangsa pasar Apple pada kuartal selanjutnya diyakini tumbuh positif, seiring dengan penjualan iPhone 15 yang makin meluas ke berbagai wilayah, diikuti dengan momen belanja akhir tahun.
Trio vendor asal China, Xiaomi, Oppo dan Vivo juga mengalami penurunan pangsa pasar. Xiaomi yang membukukan pangsa pasar sebesar 12 persen, mengalami penurunan dari kuartal yang sama tahun 2022, di mana saat itu meraup 13 persen.
Dibanding Xiaomi dan Vivo, Oppo mengalami penurunan penjualan yang paling sedikit, sehingga pangsa pasarnya pada kuartal III-2023 bertahan di angka 10 persen.
Persentase yang sama juga diraih Oppo pada kuartal III-2022.
Sementara itu, Vivo yang saat ini menguasai pangsa pasar sebesar 8 persen, mengalami penurunan dari periode yang sama tahun lalu, di mana pangsa pasarnya mencapai 9 persen.
Penjualan yang paling signifikan terjadi pada bulan September, bersamaan dengan penjualan iPhone baru, meskipun baru dijual akhir bulan.
Pada kuartal III-2023, Counterpoint juga mencatat bahwa pasar Timur Tengah dan Afrika adalah wilayah yang mulai pulih. Padahal, pertumbuhan penjualan di mayoritas pasar negara maju seperti Amerika Utara, Eropa Barat dan Korea Selatan masih lesu.
Ke depannya, Counterpoint meyakini sebagian besar pasar di negara maju akan tumbuh pada kuartal IV-2023. Apalagi iPhone 15 sudah rilis.
Selain itu, musim belanja 11.11 di India dan China serta promosi Natal dan akhir tahun ditaksir bakal mendorong permintaan konsumen lebih tinggi.
Kendati demikian, secara umum total penjualan sepanjang tahun 2023 ditaksir turun hingga mencapai level terendah dalam satu dekade terakhir.
Penyebabnya yaitu perubahan pola penggantian perangkat, khususnya di pasar negara maju, data yang dihimpun oleh Indo1.id dari situs resmi Counterpoint, Kamis (19/10/2023).
Dalam menyusun laporan ini, Counterpoint menampilkan data berdasarkan sell-through.
Adapun sell-through memiliki makna serupa dengan istilah sell-out, di mana data ditarik berdasarkan jumlah unit yang telah dijual distributor atau toko HP ke konsumen.