Dibanding Xiaomi dan Vivo, Oppo mengalami penurunan penjualan yang paling sedikit, sehingga pangsa pasarnya pada kuartal III-2023 bertahan di angka 10 persen.
Persentase yang sama juga diraih Oppo pada kuartal III-2022.
Sementara itu, Vivo yang saat ini menguasai pangsa pasar sebesar 8 persen, mengalami penurunan dari periode yang sama tahun lalu, di mana pangsa pasarnya mencapai 9 persen.
Penjualan yang paling signifikan terjadi pada bulan September, bersamaan dengan penjualan iPhone baru, meskipun baru dijual akhir bulan.
Pada kuartal III-2023, Counterpoint juga mencatat bahwa pasar Timur Tengah dan Afrika adalah wilayah yang mulai pulih. Padahal, pertumbuhan penjualan di mayoritas pasar negara maju seperti Amerika Utara, Eropa Barat dan Korea Selatan masih lesu.
Ke depannya, Counterpoint meyakini sebagian besar pasar di negara maju akan tumbuh pada kuartal IV-2023. Apalagi iPhone 15 sudah rilis.
Selain itu, musim belanja 11.11 di India dan China serta promosi Natal dan akhir tahun ditaksir bakal mendorong permintaan konsumen lebih tinggi.
Kendati demikian, secara umum total penjualan sepanjang tahun 2023 ditaksir turun hingga mencapai level terendah dalam satu dekade terakhir.
Penyebabnya yaitu perubahan pola penggantian perangkat, khususnya di pasar negara maju, data yang dihimpun oleh Indo1.id dari situs resmi Counterpoint, Kamis (19/10/2023).
Dalam menyusun laporan ini, Counterpoint menampilkan data berdasarkan sell-through.