Mitos Alas Donoloyo, Hutan Jati Peninggalan Majapahit yang Dipercaya Angker

  • Bagikan
Makam Ki Ageng Donoloyo yang berada di Hutan (Alas) Donoloyo. (Foto: Dinas Pariwisata Wonogiri)

Di punden ini terdapat sebuah tunggak jati yang diyakini sebagai pohon pertama yang ditanam oleh Ki Ageng Donoloyo. Punden ini menjadi tempat ziarah bagi para peziarah yang ingin meminta berkah atau petunjuk.

Selain itu, di hutan ini juga terdapat beberapa makam lain yang diduga sebagai makam para prajurit atau pejabat Kerajaan Majapahit.

Makam-makam ini biasanya ditandai dengan batu nisan atau tugu berbentuk lingga-yoni. Beberapa makam juga memiliki ukiran atau tulisan kuno yang sulit dibaca.

Mitos Alas Donoloyo tidak hanya berkaitan dengan sejarah, tetapi juga dengan hal-hal mistis. Banyak orang yang percaya bahwa hutan ini dihuni oleh makhluk halus seperti jin, siluman, atau kuntilanak.

Baca Juga :  Mitos Batu Menangis: Legenda dan Pesan Moral di Kalimantan Barat

Beberapa orang juga mengaku pernah melihat penampakan atau mendengar suara-suara aneh saat berkunjung ke hutan ini.

Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan bahwa siapa pun yang mengambil sesuatu dari hutan ini tanpa izin akan mendapat malapetaka.

Misalnya, jika seseorang mengambil kayu jati dari hutan ini, maka ia akan mengalami kesialan, kesakitan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu, banyak orang yang takut untuk mengganggu hutan ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan