- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Kerajaan Medang, Negeri Pembangun Candi yang Pernah Berjaya di Tanah Jawa!

  • Bagikan
Candi Plaosan di Klaten yang juga merupakan peninggalam kerajaan Medang. (Foto: Disway)

Indo1.id – Kerajaan Medang, atau juga dikenal sebagai Kerajaan Mataram Kuno, adalah sebuah kerajaan yang berdiri di Jawa Tengah pada abad ke-8, kemudian berpindah ke Jawa Timur pada abad ke-10 Masehi.

Kerajaan ini didirikan oleh Sanjaya, dan dipimpin oleh wangsa Sanjaya, Syailendra, dan Isyana. Kerajaan ini memiliki pengaruh yang besar di Nusantara, dan meninggalkan banyak peninggalan berupa candi dan prasasti yang menunjukkan kemajuan seni, arsitektur, dan peradaban yang dimilikinya.

Salah satu bukti kejayaan Kerajaan Medang adalah pembangunan Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia, yang dibangun pada masa pemerintahan wangsa Syailendra pada abad ke-9 Masehi.

Candi ini memiliki desain yang megah dan rumit, dengan relief yang menggambarkan ajaran Buddha, kisah Jataka, dan kehidupan masyarakat Jawa kuno. Candi ini juga merupakan salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Baca Juga :  Mitos Gunung Tidar: Perpaduan Budaya dan Kepercayaan di Tanah Jawa

Selain Candi Borobudur, Kerajaan Medang juga membangun Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia, yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, raja wangsa Sanjaya yang menikahi putri wangsa Syailendra, pada abad ke-9 Masehi.

  • Bagikan