- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos-Mitos Mistis di Tanah Sunda, Jawa Barat ‘ Nyi Roro Kidul sampai Jenglot ‘

  • Bagikan
Ilustrasi pantai laut selatan Jawa Barat ( Foto: Pixabay)

Indo1.id – Jawa Barat, atau sering disebut Tanah Sunda, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sarat akan mitos-mitos mistis yang menjadi warisan budaya leluhur.

Mitos-mitos ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat.

Mari kita jelajahi beberapa mitos yang merayap di Tanah Sunda ini:

1. Nyi Roro Kidul:
Nyi Roro Kidul adalah ratu laut dalam mitologi Jawa Barat. Dipercayai bahwa dia memiliki keindahan yang luar biasa namun juga punya sisi gelap yang menyeramkan. Warga setempat meyakini bahwa menggunakan pakaian berwarna hijau laut di pantai selatan Jawa Barat dapat memancing kemarahan Nyi Roro Kidul.

Baca Juga :  Kayu Bertuah Galih Johar, Rahasia Penarik Rizki dan Penglaris Dagangan

2. Sundel Bolong:
Mitos Sundel Bolong adalah kisah wanita cantik yang meninggal tragis akibat perselingkuhan atau pembunuhan. Sundel Bolong diyakini muncul dengan memiliki lubang di bagian punggungnya. Legenda ini sering diceritakan sebagai peringatan akan bahaya perselingkuhan dan moralitas.

3. Leyak:
Leyak adalah makhluk mistis berkepala terbang dalam mitologi Bali yang juga dikenal dan dipercayai oleh masyarakat Jawa Barat. Diyakini sebagai penyihir yang bisa berubah bentuk, Leyak sering kali diasosiasikan dengan praktik-praktik kegelapan dan ilmu hitam.

  • Bagikan