- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Mitos Pulau Arnavat, Tempat Mandi Penyembuhan di Demak

  • Bagikan
Pulau Arnavat di desa Surodadi Kabupaten Demak, simpan kisah dan mitos. (Foto: Rumah Berita)

Indo1.id – Pulau Arnavat, yang baru ditemukan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ternyata menyimpan sebuah mitos yang menarik.

Pulau yang berada di wilayah Dukuh Deling, Desa Surodadi, Kecamatan Sayung ini memiliki perairan yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Perairan itu dikenal masyarakat setempat sebagai La’rogo, yang merupakan tempat bertemunya antara air laut dengan air sungai di Arnavat.

Baca Juga :  Mitos Samarantu: Pintu Masuk ke Dunia Gaib di Gunung Slamet, Benarkah?

Asal-usul Nama La’rogo

Menurut Kades Surodadi, Supriyanto, nama La’rogo berasal dari dua kata, yaitu La’ dari bahasa Arab yang berarti pertemuan, dan rogo dari bahasa Jawa yang berarti raga atau sebuah keberadaan sesuatu yang hidup.

“Bahasa la’ itu pertemuan antara sungai dengan laut, jadi la’ itu pertigaan, punjer, atau muara dari sungai ke laut itu la’.

Baca Juga :  Mitos Misteri Pabrik Gula Kalibagor, Jejak Kolonial Belanda yang Angker di Banyumas

Lalu dinamakan rogo itu karena ada sungai bernama anak sungai rogo. Rogo itu dikenal dari dulu zaman nenek moyang untuk memandikan orang sakit,” ujar Supriyanto.

Supriyanto juga menyebutkan bahwa di lokasi tersebut ada sesepuh yang bernama Mbah Rogo, Mbah Jatirogo, dan Mbah Rupiah, yang dihormati oleh masyarakat yang percaya akan keberadaan mereka. “Rogo itu badan, dan di situ ada sesepuhnya, Mbah Rogo, Mbah Jatirogo, Mbah Rupiah, bagi yang percaya itu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Mitos Ratu Pantai Selatan, Kisah Mistis yang Melegenda di DIY

Cara Mandi Penyembuhan di La’rogo

Lokasi La’rogo dimulai dari perairan Pulau Arnavat hingga mengular sepanjang sekitar 1,5 kilometer melewati tambak dan tempat tinggal warga setempat.

  • Bagikan