Keajaiban Kecambah, Manfaatnya Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh!

  • Bagikan
πΎπ‘’π‘Žπ‘—π‘Žπ‘–π‘π‘Žπ‘› πΎπ‘’π‘π‘Žπ‘šπ‘π‘Žβ„Ž: π‘€π‘Žπ‘›π‘“π‘Žπ‘Žπ‘‘ π‘¦π‘Žπ‘›π‘” πΏπ‘’π‘Žπ‘Ÿ π΅π‘–π‘Žπ‘ π‘Ž π‘’π‘›π‘‘π‘’π‘˜ πΎπ‘’π‘ π‘’β„Žπ‘Žπ‘‘π‘Žπ‘› π‘‡π‘’π‘π‘’β„Ž! (π‘ƒπ‘Ÿπ‘œπ‘šπ‘–π‘™π‘’π‘›π‘–π‘Žπ‘™ π‘“π‘œπ‘‘π‘œ)

Indo1.id – Kecambah, juga dikenal sebagai taoge, yang berlimpah di pasaran Indonesia, berasal dari kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang kedelai.

Ada juga jenis kecambah lain yang terbuat dari alfalfa, azuki, kacang lentil, dan kacang polong.

Manfaat kecambah ini sering kali dikaitkan dengan kehamilan oleh masyarakat. Makanan ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan pasangan yang sedang berusaha memiliki anak.

Baca Juga :  Manfaat Jahe Untuk Hilangkan Kerutan Perut Menggelambir, Patut Dicoba!

Baik orang tua, bidan, maupun dokter sering kali merekomendasikan mengonsumsi kecambah secara teratur agar meningkatkan kesuburan.

Namun, manfaat kecambah tidak hanya terbatas pada hal tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat kecambah bagi kesehatan secara keseluruhan.

1. Sumber Serat Tinggi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Food Research Journal, biji kecambah mengandung serat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, biji kecambah juga kaya protein.

Baca Juga :  Inilah Dampak Jika Tubuh Kita Kekurangan Vitamin C, Yuk Simak Penjelasanya!

Karena bersifat basa, kecambah juga dapat membantu menjaga tingkat keasaman lambung dan memperbaiki fungsi pencernaan. Kandungan serat tinggi dalam kecambah dapat merangsang kontraksi saluran usus, yang berpengaruh pada proses buang air besar, serta membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau diare.

Senyawa sulforaphane dalam kecambah juga melindungi saluran pencernaan dengan merangsang produksi enzim antioksidan. Senyawa ini membantu melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh infeksi H. pylori dan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid.

Baca Juga :  Cek Manfaat Buah Manggis untuk Kanker Payudara!

2. Melawan Anemia

Manfaat lain dari kecambah adalah kemampuannya sebagai pengobatan untuk anemia. Anemia terjadi akibat penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan