Mahasiwa KKN Kelompok 19, 20, dan 21 Universitas Budi Luhur Jalankan Kegiatan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kebersihan Lingkungan, dan Kesehatan di Desa Segaran, Karawang

  • Bagikan
Mahasiwa KKN Kelompok 19, 20, dan 21 Universitas Budi Luhur Jalankan Kegiatan Peningkatan Kualitas Pendidikan

indo1.id – Mahasiswa Universitas Budi Luhur Kelompok 19, 20, dan 21 Periode 2022/2023 pada tanggal 25 Juli 2023 menjalankan KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat menggunakan rancangan program kerja yang telah dibuat, yang mana akan diaplikasikan kepada sasaran daerah yang menjadi tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut.

Lokasi pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Kelompok 19, 20, dan 21 adalah pada Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang dilangsungkan mulai dari hari Selasa, 25 Juli 2023 s/d hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Total keseluruhan anggota Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Segaran, Karawang ini adalah sejumlah 28 orang, serta dibimbing oleh dosen pembimbing Pak Muhammad Iqbal Naufal, S.I.Kom.,M.I.Kom.

Inti dari tema yang digunakan oleh ketiga kelompok adalah peningkatan gaya hidup melalui kualitas pendidikan yang baik, kebersihan lingkungan yang memadai, sehingga dapat membentuk lingkup sosial yang lebih sehat dan terarah. Berdasarkan inti tema yang telah diusung tersebut, Mahasiswa diperlukan untuk membantu meningkatkan semangat belajar pada siswa/i Sekolah Dasar (SD) dan juga siswa/i Madrasah Ibtidaiyah (MI), meningkatkan kesadaran lingkungan melalui program kerja bakti, serta berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan di Posyandu Melati 2.

   

Baca Juga :  Pemanggilan Wali Mahasiswa UINSA Surabaya Berakhir Damai, Pihak Kampus Minta Maaf

Salah satu kegiatan yang dijadikan sebagai program kerja utama ketiga kelompok, yakni Program Kerja Bakti, dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juli 2023 di RT.06 Desa Segaran, Kec. Batu Jaya. Dalam pelaksanaannya Mahasiswa KKN dibantu oleh warga setempat membersihkan selokan atau saluran air serta sampah-sampah kecil di sepanjang jalan RT.06 Desa Segaran agar tercipta lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Baca Juga :  Reihana Kadinkes Lampung, Tutup Muka Pakai Majalah Saat Tiba Di KPK

   

Pada minggu kedua pelaksanaan kegiatan KKN, tepatnya pada tanggal 31 Juli 2021 s/d 03 Agustus 2023, Mahasiswa KKN melakukan program kegiatan utama selanjutnya, yakni Program Belajar-Mengajar pada SDN Segaran I dan MI Mathla’ul Anwar. Pada minggu yang sama, dilaksanakan pula program kegiatan olahraga bersama MI Mathla’ul Anwar yang diadakan di lapangan desa setempat.

   

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan