- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Simak Resep Bikin Choux au Craquelin Enak dan Nikmat!

  • Bagikan
Choux au Craquelin, yummy sekali. (Foto: instagram @myhomelifestyle)

Indo1.id – Choux au craquelin adalah kue sus basah yang memiliki topping renyah dari adonan mentega, gula, dan tepung terigu.

Kue ini biasanya diisi dengan custard atau krim yang lembut dan manis. Choux au craquelin cocok dijadikan camilan atau hidangan penutup yang menggugah selera.

Untuk membuat choux au craquelin, Anda perlu menyiapkan tiga adonan, yaitu adonan craquelin, adonan choux, dan adonan custard. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Bahan-bahan:

– Bahan craquelin:
  – 60 gram mentega
  – 50 gram gula aren
  – 60 gram tepung terigu
– Bahan choux:
  – 130 ml air
  – 50 gram mentega
  – 70 gram tepung terigu
  – 2 butir telur

Baca Juga :  Resep Membuat Bebalung, Sayur Daging yang Enak Khas Lombok

– Bahan custard:
  – 240 ml susu
  – 60 gram gula
  – 25 gram tepung maizena
  – 2 kuning telur
  – 1 sdt ekstrak vanili

Langkah-langkah:

1. Buat adonan craquelin dengan cara mencampur mentega, gula aren, dan tepung terigu sampai menyatu. Siapkan kertas roti lebar dan letakkan adonan craquelin di atasnya. Giling sampai agak tipis dan simpan di dalam kulkas selama 20 menit. Setelah dingin, keluarkan craquelin dan cetak bundar dengan diameter sesuai dengan ukuran choux yang diinginkan.

2. Buat adonan choux dengan cara memanaskan air dan mentega dalam panci sampai mendidih. Matikan api dan masukkan tepung terigu sekaligus sambil diaduk cepat sampai adonan kalis dan tidak lengket di panci. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan biarkan dingin sebentar.

Baca Juga :  Resep Camilan Serabi Ceylon, Gurihnya Nagih!

3. Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan choux sambil dikocok dengan mixer sampai rata dan sedikit mengembang. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit bintang. Semprotkan adonan ke atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dengan jarak yang cukup. Letakkan satu lembar craquelin di atas masing-masing adonan choux.

4. Panggang choux au craquelin dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit atau sampai mengembang dan berwarna kecoklatan. Jangan buka oven selama proses memanggang agar choux tidak kempis. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.

Baca Juga :  Resep Lezat Sup Iga Sapi, Cocok Untuk Hari Libur Bersama Orang Tersayang!

5. Buat adonan custard dengan cara mencampur susu, gula, tepung maizena, kuning telur, dan ekstrak vanili dalam panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dan biarkan dingin.

6. Masukkan adonan custard ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit bulat. Tusuk bagian bawah choux au craquelin dengan pisau atau gunting kecil dan semprotkan custard ke dalamnya sampai penuh.

7. Sajikan choux au craquelin yang enak dan nikmat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan