- F054952CEF20F0CD41E9111C0F7F3DC2

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun Mengukuhkan ‘SAR ARNAVAT’ Polairud Polres Batang

  • Bagikan
Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun Mengukuhkan 'SAR ARNAVAT' Polairud Polres Batang

Indo1.id || Pengukuhan Tim dan Relawan Sar Arnavat Satpolairud Polres Batang, tugas khususnya penanggulangan bencana pada wilayah pesisir pantai Kabupaten Batang yang sekarang cuacanya masih buruk.

Tidak hanya, lanjut dia, di Kabupaten Batang Sat Arnavat juga ada di wilayah dari Brebes hingga Kendal yang memang mempunyai garis pantai di Jawa Tengah.

“Tim dan Relawan Sar Arnavat Satpolairud Polres Batang memiliki potensi besar dan kekuatan masyarakat dalam menghadapi bencana, dengan banyaknya organisasi, komunitas, ormas yang memiliki kepedulian terhadap bencana,” jelasnya.

Baca Juga :  Ikut Pengukuhan Mahasiswi Baru Melalui Online, Ashanty Siap Lanjutkan Kuliah S3 Malah Kena Cibir Warganet 'Mau Nyaleg Nich'

Potensi SDM yang sudah tergabung dalam berbagai elemen kebencanaan ini perlu diwadahi guna meningkatkan profesionalisme dan kapasitas relawan bencana dan kegiatan kemanusiaan serta memudahkan sinergitas berbagai peran, kolaborasi, dan efisiensi dalam penanggulangan bencana.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki. Turut hadir juga Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi dan Forkopimda setempat.

Baca Juga :  5 Wilayah di Aceh Barat Terkena Banjir Dampak Cuaca Ekstrem

Dirpolairud Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi mengatakan, para relawan SAR ARNAVAT lebih diintensifkan untuk mengantisipasi bencana yang rawan terjadi di pantai atau laut. Namun tidak

menutup kemungkinan mereka pun dapat membantu kerawanan bencana di tempat-tempat lain.

“Yang penting kami selalu berkoordinasi dengan rekan-rekan TNI, BPBD, relawan lainnya. Beberapa penanganan sudah dilakukan seperti saat terjadi tanggul jebol di Tanjung Mas Semarang, sudah banyak membantu,” terangnya.

Ia memastikan mitigasi sudah dilakukan bersama relawan dan Basarnas. Terkait SAR ARNAVAT, telah dikukuhkan dan markas komando terpusat di Polairud Polda Jateng.

Baca Juga :  Keren, Gojek Luncurkan Program Beasiswa Sarjana Bagi Mitra dan Keluarga

“Seluruh Polres yang memiliki wilayah tugas di pesisir pantai, pun disiapkan personel SAR ARNAVAT, mulai Brebes hingga Rembang,” tandasnya.

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun mengatakan pembentukan ini sebagai kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

“Para relawan ini untuk membantu tugas kemanusiaan dan bergerak dengan didampingi stakeholder yang berwenang,” kata Kapolres

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan